Tahun Kedua, Jakarta Film Week 2022 Hadirkan 70 Film Ragam Genre
Jajaran tim dan ambasador Jakarta Film Week (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Jakarta Film Week (JFW) masuk ke tahun kedua penyelenggaraan. Umurnya yang masih seumur jagung tidak menghentikan pihak komite untuk menyajikan festival yang berformat internasional.

Tahun ini, Jakarta Film Week 2022 akan digelar pada 13-16 Oktober 2022 secara daring lewat Vidio dan luring di CGV Grand Indonesia dan Kineforum.

Jakarta sebagai ibu kota melahirkan banyak sutradara, produser, serta sineas film itu sendiri. Oleh karena itu, Jakarta Film Week diharapkan menjadi acara yang selalu dinantikan di tengah maraknya perfilman.

“Jakarta itu harus punya festival film sendiri. Kebetulan di bidang ekonomi kreatif, perfilman ini salah satu sub-sektor sehingga ini jadi kewajiban kami untuk membawa JFW sampai besar hingga mendunia,” kata Gumilar Ekalaya selaku Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta pada konferensi pers hari ini, Jumat, 16 September.

Emerge dipilih menjadi tema JFW 2022 yang bermakna sebagai sesuatu yang muncul atau bangkit kembali.

“Emerge adalah sesuatu yang bergerak maju, bangkit kembali. Dunia perfilman berhasil mengatasi berbagai tantangan,” kata Rina Damayanti selaku Festival Director JFW 2022.

Jakarta Film Week 2022 menunjuk aktor Jourdy Pranata sebagai ambasador festival. Berkarier sejak tahun 2014, Jourdy bertekad ingin menyebarkan menonton film di festival kepada anak-anak muda.

“Ini adalah kehormatan bergabung festival film seneng banget. Di saat kita bicara soal JFW terus perjalanan selama berkarier ternyata kita punya visi yang sama,” jelas Jourdy Pranata.

“Melalui festival film, kita bisa melihat berbagai karya dari macam negara, suara yang mereka bawa. Sebagai seorang aktor, melihat JFW adalah sebuah keuntungan untuk melihat proses dan belajar dari situ,” lanjut Jourdy.

Novi Hanabi sebagai Program Manager menyebut ada beberapa program di JFW 2022 yang bisa diikuti oleh publik. Nantinya festival ini akan dibuka oleh film Balada Si Roy karya Fajar Nugros di bawah IDN Pictures.

Program-program di JFW adalah Jakarta Film Fund, Awards, Road to, Producer’s Lab, serta Exhibition. Sebanyak 461 film dari 28 negara ikut mendaftar untuk Jakarta Film Week 2022.

Akan tetapi, hanya 70 film terpilih yang diputar secara eksklusif di Jakarta Film Week 2022.

World Premiere Jakarta Film Week 2022 juga menghadirkan tiga film dari sineas ternama. Tiga film itu adalah Balada Si Roy dari Fajar Nugros, Galang karya Adriyanto Dewo, serta The Conquest of Carstenz karya Rahabi Mandra.

Bagi Anda yang ingin mengikuti Jakarta Film Week 2022, seluruh jadwal bisa dilihat melalui www.jakartafilmweek.com. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi TIX ID.