Beda Sarung Bantal Sutra dengan Sarung Bantal Satin untuk Kesehatan Rambut
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda mungkin sudah sering mendengar atau bahkan menggunakan sendiri sarung bantal satin dan sutra. Ya, para pakar mengatakan bahwa sarung bantal satin atau sutra memberikan manfaat bagi kesehatan rambut.

Namun, dimana letak perbedaanya? Melansir Byrdie, Jumat, 19 Agustus, sutra adalah serat protein alami yang diproduksi oleh beberapa jenis serangga di seluruh dunia. Ini pertama kali dikembangkan di Cina sekitar 8.500 tahun yang lalu dan pada 1100 SM, sutra Tiongkok ditemukan di Mesir.

Sutra dipercaya baik untuk rambut sebab serat kain yang rapat dapat mencegah kelembapan dari keringat malam terperangkap di akar rambut. Sutra juga membantu meminimalkan gesekan antara serat rambut dengan kain sarung bantal. Tekstur kain yang lembut membantu mempertahankan kilau alami rambut.

Sutra bersifat hypoallergenic yang mampu mencegah terperangkapnya minyak atau bakteri pada sarung bantal sehingga bermanfaat bagi kulit kepala. Pelindung rambut sutra seperti syal atau topi membantu mengurangi gesekan yang disebabkan oleh berbaring di atas bantal katun. Yang menyebabkan ujung bercabang, kusut, kerusakan rambut. Sutra membantu menjaga kelembapan rambut, sementara bantal katun atau syal menyerap minyak alami yang membuat rambut kering dan rapuh.

Satin dan sutra memiliki jenis yang sama. Satin secara teknis adalah jenis tenun, bukan jenis kain. Dulu, satin secara tradisional terbuat dari sutra. Tapi di zaman modern, tidak jarang ditemukan campuran satin yang mencakup serat sintetis seperti poliester, rayon, dan kapas.

Memadukan satin dengan kain sintetis dapat menghasilkan kain yang jauh lebih fleksibel dan halus daripada sutra asli, yang sangat bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala. Satin jauh lebih lemas. Kain satin dapat mengurangi gesekan antara serat rambut dengan permukaan sarung bantal. Satin juga memberikan manfaat yang sama seperti sutra yaitu hypoallergenic.

Perbedaan terbesar antara sutra dan satin adalah harga. Sutra lebih mewah dan lebih mahal, sedangkan satin lebih murah dan sering dicampur dengan bahan lain. Jadi, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran jika memilih sarung bantal berbahan satin. Satin juga lebih mudah diakses dan dibersihkan karena dibuat dengan bahan sintetis yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci.