Makna Filosofis Logo HUT ke-77 RI yang Bertema ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’
Ilustrasi makna filosofis logo dan tema hut ri ke 77 (Sumber: spesial)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, tahun ini, mengangkat tema besar Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’. Tema besar ini merespons situasi dua tahun terakhir yang penuh tantangan dan ujian. Baik tantangan pada aspek sosial hingga ekonomi untuk bangkit dari keterpurukan dan mewujudkan harapan bersama-sama. Peristiwa COVID-19 dialami secara global, NKRI tak terkecuali.

Mengutip dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, karakter visual dari logo mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global. Ini merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. Makna filosofis dalam logo berbentuk angka ‘77’, ialah berikut ini:

1. Dua panah ke atas

Pada ujung kedua angka tujuh, terdapat dua panah mengarah ke atas sebagai makna percepatan dan pergerakan. Percepatan dalam konteks memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

makna filosofis logo dan tema HUT RI ke-77
Ilustrasi makna filosofis logo dan tema HUT RI ke 77 (Sumber: spesial)

2. Dua anak tangga

Dua garis mendatar pada kedua angka tujuh, membentuk tangga yang mengarah ke atas. Ini melambangkan progres dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian atas terpotong

Bagian atas sudut angka tujuh, terpotong. Bukan tanpa alasan, ini dengan tegas melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis miring dengan sudut runcing

Makna filosofis angka tujuh, pada bagian ujung kanan atas berbentuk garis miring dan sudut meruncing. Ini terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila yang melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua garis melengkung

Dua garis melengkung pada batang angka tujuh, melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, yaitu menuju Indonesia maju.

6. Sudut penghubung

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet angka 1

Di antara batang kedua angka tujuh, membentuk siluet angka 1. Siluet tersebut melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.