4 Pelajaran Bisnis dari Drama Korea <i>Start-Up</i> yang Bisa Ditiru
Tim Samsan Tech (Twitter @CJnDrama)

Bagikan:

JAKARTA - Drama Korea Start-Up baru menayangkan episode terbarunya kemarin, Minggu, 8 November. Drama ini menceritakan perjuangan anak muda yang sedang merintis perusahaan sendiri.

Perjuangan tidak sekadar untuk mendapatkan materi, tetapi juga menjaga hubungan sekaligus keluarga. Banyak dinantikan penonton, Start-Up memberikan hiburan sekaligus pelajaran hidup yang bisa ditiru. Simak di sini ya.

Punya Tujuan

Dalam drakor Start-Up, diceritakan perusahaan Nam Do San (Nam Joo Hyuk), Samsan Tech ini memiliki konsep bisnis yang cemerlang. Setelah memenangkan kompetisi CODA, mereka diperebutkan para investor tetapi perlahan investor itu meninggalkan mereka karena mereka tidak memiliki rencana bisnis yang jelas.

Begitu juga dengan hidup sehari-hari. Kita harus memiliki tujuan yang jelas tidak hanya untuk besok tetapi untuk ke depannya. Apakah yang kita jalani saat ini benar-benar yang kita inginkan? Lakukan evaluasi untuk melihat perkembangan kita.

Partner yang Baik

Nam Do San mendirikan Samsan Tech bersama dua temannya. Namun bukan sekadar teman, Do San percaya kepada kemampuan teman-temannya sehingga mereka bisa menciptakan chemistry yang baik.

Dalam dunia nyata, ketika kita berhadapan dengan sesama pekerja. Kita tidak boleh egois dengan meninggikan kemampuan kita tetapi kita harus mendukung teman lainnya. Jika kita saling percaya, hasil kerja pun tidak akan mengkhianati.

Mencari Pemimpin yang Punya Visi

Nam Do San digambarkan sosok yang pintar dan menyukai algoritma, tetapi ia sangat canggung ketika berhadapan dengan orang lain. Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) memberi saran kepada Nam Do San: rekrut seorang CEO.

Pilih orang yang memiliki keinginan besar dan memimpin dengan baik. Meski Nam Do San adalah pendiri Samsan Tech, nantinya ia akan sulit mengelola sebagai CEO oleh karena itu ia harus mencari CEO yang bisa mengenalkan Samsan Tech.

Chemistry dalam Bekerja

Nam Do San memilih melanjutkan mimpi dengan Samsan Tech dan merekrut Seo Dal Mi (Bae Suzy). Meski mereka terlihat jenaka, tetapi hal itu membuat mereka menjadi dekat satu sama lain.

Chemistry dalam bekerja tidak selalu harus bersahabat tetapi dengan mengetahui karakteristik satu sama lain dan mau saling membantu, chemistry akan terwujud dengan sendirinya.

Start-Up tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.00 waktu Korea Selatan di tvN dan Netflix.