Cegah Daging Kurban Alot saat Dimakan, Begini 7 Cara Memasak yang Benar
Ilustrasi (Gonzalo Guzman/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang perayaan Iduladha, menu daging kerap jadi salah satu santapan yang sayang untuk dilewatkan. Adalah daging sapi dan kambing yang diolah menjadi ragam menu lezat di hari itu.

Tak hanya bumbu, daging yang empuk dan lunak juga jadi alasan santapan menjadi lebih nikmat. Namun, bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya tips memasak daging agar empuk dan lunak:

Ditumbuk 

Melansir HerWorld, Jumat, 8 Juli, jika Anda mendapatkan potongan daging dengan tekstur yang keras, menumbuknya dengan bantuan palu khusus daging bisa efektif untuk memecahkan serat. Atau sebagai cara lain, Anda pun bisa menggunakan garpu untuk menusuk daging, sehingga saat dimasak, daging lebih mudah empuk.

Fabio Bueno/Pexels

Campurkan dengan cairan asam

Mencampurkan bahan-bahan asam seperti jus lemon, cuka atau buttermilk tidak hanya menambah kelezatan pada daging, tapi juga bisa membuat daging lebih lunak dan empuk. Namun, jangan mendiamkannya terlalu lama. Cukup 30 - 120 menit untuk membuatnya lembut

Rendam dengan larutan buah

Melansir She Knows, seberapa buah, seperti pepaya, nanas, kiwi, dan pir mengandung enzim yang membantu melunakkan daging. Anda bisa merendam daging ke dalam buah-buahan tinggi enzim yang telah dihaluskan dan ditambahi bumbu. Hanya saja, jangan merendam daging ke dalam cairan nanas terlalu lama. Pasalnya enzim bromelain dalam nanas bisa merusak tekstur daging.

Beri garam

Jangan lupa untuk memberikan garam pada daing sebelum memasaknya. Garam mengeluarkan kelembapan dari dalam daging, sehingga warna merah dari dalam. Tidak seperti bumbu perendam, kamu bisa mengasinkan daging hingga 24 jam sebelumnya.

Perhatikan letak suhu

Memperhatikan suhu untuk meletakkan daging juga bisa mempengaruhi kelembutan daging saat di masak. Jika sebelumnya Anda telah memasukkannya ke dalam lemari pendingin, ada baiknya untuk memindahkannya 30 menit sebelum di masak, ke suhu ruangan. Selain membuatnya lebih mudah dimasak, ia juga akan mudah meresap bumbu masakan.

Potong dengan benar

Untuk memotong daging sapi, teknik yang paling benar adalah melawan atau tegak lurus dengan alur serat daging. Memotong daging searah dengan alur serat justru akan menghasilkan daging yang alot ketika dimasak. Berbeda dengan memotong berlawanan dengan alur serat, daging akan lebih empuk

Masak perlahan

Memasak potongan daging yang keras dengan suhu panas rendah dalam jangka waktu lama adalah cara tepat menghasilkan potongan daging yang lembut. Serat keras, kolagen dan jaringan ikat akan melunak dengan teknik slow cooking, sehingga menjadikan daging yang empuk.