Mudah Dilakukan di Rumah, Ketahui 5 Teknik Memasak yang Paling Dasar
Ilustrasi teknik dasar memasak (Unsplash/Becca Tapert)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak para ahli kesehatan mengatakan, bahwa makan masakan sendiri di rumah lebih sehat. Pasalnya, ketika memasak sendiri kita tahu kualitas bahan terpilih dengan baik. Kita juga jadi tahu bagaimana cara mengolah suatu bahan secara tepat tanpa kehilangan nutrisi. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai untuk mengolah sendiri makanan sehari-hari di rumah, ketahui metode memasak paling mendasar.

Berikut teknik memasak yang belum Anda ketahui ataupun sedang Anda cari, ini teknik-tekniknya bisa Anda pilih untuk mengolah menu sehari-hari.

1. Menumis

Terdapat dua teknik menumis yang kerap disalah-artikan, yaitu tumis dan tumis goreng. Tumis atau dalam bahasa Prancis dikenal dengan sauté merupakan perpaduan antara goreng dan bakar. Umumnya, sauté dilakukan untuk memasak dengan tekstur bahan berbeda-beda. Seperti dalam satu menu berbahan sayuran, daging, dan mie. Ketiganya memiliki teksturnya masing-masing.

Sauté memiliki arti ‘melempar’, ketika bahan sudah siap, mentega atau berbagai minyak dipanaskan di wajan. Ketika minyak dan wajan cukup panas, bahan dimasukkan dari tekstur paling rapat hingga sayuran. Ini dilakukan agar warnanya cepat kecokelatan dan cenderung berkaramel.

Berbeda dengan menumis goreng atau dikenal dengan deep-frying, cara ini biasanya dipakai pada masakan Asia. Panas wajan sangat tinggi, minyak sedikit, dan mengukur bahan berdasarkan tekstur untuk ditumis pertama hingga terakhir. Ini dilakukan supaya komponennya tidak terlalu matang.

teknik dasar memasak
Ilustrasi teknik dasar memasak deep frying dan sauté (Unsplash/Becca Tapert)

2. Membakar

Membakar mengacu pada kecokelatan makanan, biasanya berkaitan dengan daging atau ikan dengan wajan dan api besar. Proses karamelisasi menggunakan gula alami, sehingga lapisan rasa lainnya akan muncul.

3. Merebus

Apakah Anda masih bingung membedakan direbus dan dikukus? Keduanya berbeda teknik tetapi tujuannya sama, mengempukkan tekstur bahan. Teknik merebus, umumnya dipakai untuk mengempukkan daging, baik daging merah maupun unggas.

Merebus, merupakan teknik mengempukkan tekstur dalam panci panas dengan air jumlah sedang. Biasanya penampang tutup memayungi panci sehingga cairan mengembun. Definisi merebus, dilansir The Mom 100, Senin, 21 Februari, mengacu pada memasak lambat dengan sedikit cairan.

4. Mengukus

Mengukus memanfaatkan aliran udara panas yang konsisten. Tekstur yang dihasilkan lebih lembut. Teknik mengukus populer dalam masakan Asia. Cara ini dengan panci dengan saring, di bawah air mendidih bahan dikukus diatas saringan. Biasanya, air untuk mengukus memakai kaldu, anggur, atau infused water lainnya.

5. Memanggang

Berbeda dengan membakar, memanggang menggunakan teknik sumber panas. Panas bersirkulasi bisa membuat makanan empuk secara merata. Panggang dilakukan untuk memasak kentang, sayuran, ayam, daging sehingga warnanya berubah kecokelatan.

Tertarik untuk mengolah makanan di rumah dengan berbagai cara di atas? Catat tekniknya dan sesuaikan dengan tekstur bahan untuk menghasilkan hidangan nikmat.