Pertama Kali Tembus Pendapatan USD 1 Miliar, Tom Cruise : Terima Kasih Usai <i>Top Gun: Maverick</i>
Tom Cruise (Skydance)

Bagikan:

JAKARTA - Top Gun: Maverick menjadi film pertama tahun 2022 dengan perolehan 1 miliar dolar AS atau setara Rp14,9 triliun. Film ini menyusul Spider-Man: No Way Home yang berhasil mencapai angka tersebut.

Selain itu, film ini juga merupakan film pertama Tom Cruise dengan angka USD 1 miliar. Angka ini terhitung menurut jumlah penjualan secara global tanpa China dan beberapa negara lainnya.

Penghasilan ini turut didukung dengan penayangan global yang jauh lebih tinggi. Mengutip Deadline, Korea menghasilkan 14,2 juta dolar AS hingga hari Senin kemarin.

Angka ini dipastikan terus bertambah mengingat Top Gun: Maverick masih tayang di bioskop. Sutradara Joseph Kosinski merasa bangga karena sekuel ini masih disambut baik oleh penonton.

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi lima tahun dengan pemain dan kru, termasuk anggota Angkatan Laut AS. Antusias penggemar di seluruh dunia menunjukkan tidak ada yang bisa mengubah pengalaman menonton di bioskop,” kata Joseph Kosinski.

“Ketika saya umur 12 tahun, saya duduk terkagum menonton Top Gun, film yang membentuk pengalaman sinematik saya,” katanya.

Tom Cruise yang memperoleh film 1 miliar dolar AS dalam 40 tahun berkarier juga bersuara. Ia mengucapkan terima kasih atas apresiasi publik terhadap sekuel film ini.

“Untuk semua film yang dirilis, rumah produksi, pihak bioskop: selamat. Untuk audiens: terima kasih sudah mengizinkan kami menghibur kalian. Sampai jumpa di film,” tulis Tom Cruise lewat media sosialnya.

Top Gun: Maverick adalah sekuel dari film pertama setelah 36 tahun. Film ini menceritakan Pete Mitchell yang ditunjuk sebagai pelatih pilot jet sebelum bertempur di udara.