Nichkhun 2PM, Bambam GOT7, dan Sorn CLC Angkat Bicara Soal Protes Thailand
Nichkhun 2PM, Bambam GOT7, Sorn CLC (JYP Entertainment//Cube Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Demonstrasi yang sedang berlangsung di Thailand menyedot perhatian dunia. Aksi yang didominasi anak muda ini menarik perhatian para idol K-pop yang berasal dari negeri itu. 

Nichkhun 2PM menuliskan cuitan singkat di akun Twitter-nya. “Kekerasan adalah sesuatu yang tidak bisa saya terima. Kekerasan tidak pernah membantu. Pastikan seluruh orang aman. HOTTEST (nama penggemar 2PM) jaga diri kalian.”

Bambam GOT7 juga menuliskan hal serupa di Twitter. “Kekerasan tidak menyelesaikan masalah. Jangan gunakan kekerasan dengan publik. Mendengarkan dan menghormati hak individu dan kebebasan adalah permulaan solusi.”

Tidak hanya idol pria, idol wanita juga ikut menyuarakan isu ini. Sorn dari grup CLC menuliskan, “Saya senang hari ini tidak ada satu pun yang tersakiti. Saya harap semua orang bisa mendengarkan satu sama lain dan semua bisa aman. Saya akan terus berdoa untuk solusi yang lebih baik untuk negara kita.”

Idol K-pop ikut menyuarakan hal yang berhubungan dengan politik terbilang jarang. Terkadang, agensi dan image menjadi alasan mengapa tidak banyak idol yang bersuara.

Demonstrasi yang terjadi di Thailand sudah terjadi selama berbulan-bulan. Masyarakat meminta Perdana Menteri Prayuth yang mengambil alih kekuasaan sejak 2014 untuk mundur.

Selain itu, mereka juga menuntut adanya perubahan konstitusi dan mengubah sistem monarki yang dianut negara itu.

Pemerintah Thailand melakukan aksi represif seperti menangkap para pengunjuk rasa. Aksi ini mendapat kecaman dari masyarakat.