Rutin Olahraga Tapi Tak Membuahkan Hasil yang Diinginkan? Ketahui 7 Alasannya
Ilustrasi rutin olahraga tapi tak membuahkan hasil (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga memang perlu dilakukan secara rutin. Tak sedikit orang melakukannya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tetapi banyak orang putus asa di tengah usahanya karena hasil tak kunjung diperoleh. Lantas apa yang menyebabkannya?

Dilansir Men’s Variety, Jumat, 20 Mei, olahraga dan merawat tubuh bukanlah lari cepat. Hasil akan didapet perlahan seiring dengan tahapan yang bertambah setiap waktu. Nah, berikut alasan kenapa olahraga rutin tetapi tidak melihat perubahan yang diinginkan.

1. Format ulang capaian yang diinginkan

Tubuh setiap orang berbeda dan olahraga dilakukan untuk perubahan yang nyata. Misalnya, Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan akan berbeda jenis olahraga yang dilakukan untuk tujuan menambah massa otot. Setiap capaian membutuhkan waktu dan hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain.

2. Konsistensi

Olahraga bukan tentang seberapa cepat tubuh mengalami perubahan yang diharapkan. Latihan dan kebugaran juga perlu diimbangi gaya hidup, seperti menjalani gaya hidup sehat secara konsisten. Artinya, meski Anda olahraga setiap hari tetapi masih menjalani gaya hidup yang buruk maka olahraga tidak akan mendapatkan hasil optimal.

rutin olahraga tapi tak membuahkan hasil
Ilustrasi rutin olahraga tapi tak membuahkan hasil (iStockphoto)

3. Gerakan olahraga tidak seimbang

Gerakan perut seperti crunch yang menyakitkan tetap tak boleh dilewatkan. Karena olahraga seimbang membantu tubuh mendapatkan pengalaman secara menyeluruh. Jadi, lakukan gerakan secara seimbang agar tujuan Anda terlihat di depan mata.

4. Waktu istirahat terlalu lama

Ketika berolahraga, Anda perlu memberikan ‘segalanya’. Termasuk memperhatikan seberapa sering dan berapa lama istirahat. Istirahat memang baik, tetapi pastikan tidak beristirahat selama 3 menit dan berolahraga lagi selama 2 menit.

5. Perlu mengubah rutinitas

Sesuatu yang tidak membuahkan hasil, perlu diperbarui. Ketika Anda fokus pada olahraga menurunkan berat badan, jangan sampai Anda melewatkan angkat beban untuk mengencangkan massa otot. Atau mungkin Anda perlu melakukan latihan kardio agar seluruh bagian tubuh kembali segar. Jika Anda melakukan olahraga yang sama secara rutin tetapi tidak membuahkan hasil, coba lakukan perubahan dalam tahapan maupun jenis olahraga.

6. Tambahkan lebih banyak hari pemulihan

Terlalu banyak berolahraga terdengar seperti ide yang bagus, tetapi sebenarnya tidak. Anda perlu memberi tubuh cukup waktu untuk pulih. Otot-otot kemudian mendapatkan waktu untuk rileks dan membangun kembali dengan kekuatan lebih. Untuk itu, disarankan mengambil waktu pemilihan satu atau dua hari.

7. Kurang tidur dan diet buruk

Kebiasaan tidur juga berkontribusi pada hasil olahraga rutin yang Anda lakukan. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk membiarkan tubuh pulih dari lelah kemudian segar kembali. Selain disebabkan kurang tidur, diet buruk juga mempengaruhi hasil yang ingin Anda capai dengan olahraga rutin.

Itulah tujuh alasan kenapa olahraga tidak membuahkan hasil. Pernahkah Anda mengalaminya? Jika ya, saatnya mengevaluasi dan mengubah rencana gaya hidup Anda.