Siapa dan Dimana Dr. Donald Cline, Dokter Kontroversi dalam Film <i>Our Father</i>?
Keith Boyle sebagai Dr. Donald Cline (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan streaming Netflix merilis film dokumenter terbaru berjudul Our Father. Film ini merupakan kisah nyata seorang dokter yang ternyata merupakan ayah dari 94 anak.

Our Father berfokus kepada Dr. Donald Cline, seorang dokter kesuburan yang menggunakan spermanya kepada beberapa pasien wanita. Hal ini bermula dari Donald yang mendirikan klinik kesuburan di Indiana pada tahun 1979.

Seseorang bernama Jacoba Ballard adalah anak tunggal yang dikandung dari sperma donor. Ia percaya ia punya saudara laki-laki atau perempuan. Suatu kali, ia melakukan tes DNA dan menemukan ia punya tujuh saudara tiri.

Ballard mencari tahu siapa saudara tiri hingga ia menyadari bahwa mereka punya orang tua yang sama - Dr. Donald Cline.

Siapa Dr. Donald Cline?

Dr. Donald Cline dikenal sebagai dokter kesuburan terbaik di Indianapolis. Ia bahkan mendapat julukan dokter kesuburan tingkat pertama pada tahun 1970-1980an.

Banyak pasien yang berharap dapat memiliki bayi ketika berobat ke Dr. Cline. Pada tahun 2014, terungkap bahwa ia menggunakan spermanya sendiri untuk melakukan inseminasi kepada pasien-pasiennya.

Jacoba Ballard yang memiliki inisiasi, mencari siapa saja saudara kandungnya. Dr. Donald Cline sempat dituntut namun membantah bahwa ia menggunakan spermanya sendiri.

Dimana Dr. Cline Sekarang?

Pada September 2016, Dr. Donald Cline dianggap melakukan kesalahan karena berbohong kepada investigator. Akan tetapi ia hanya diberi percobaan satu tahun penjara, membayar denda dan kehilangan lisensi dokternya di tahun 2018.

Dr. Donald Cline dikabarkan pensiun pada tahun 2009. Namun tidak ada yang mengetahui dirinya di mana. Kasus inseminasi sperma itu juga tidak berjalan ke pihak berwajib karena tidak ada hukum yang mendasari penipuan tersebut.

Melansir The Atlantic pada tahun 2019, Dr. Donald Cline masih hidup seperti biasa di daerah Indianapolis. Ia juga tinggal di beberapa blok dekat para anak dan ibu yang menjadi korban inseminasi tersebut.

Lucie Jordan selaku sutradara mengatakan Dr. Donald Cline juga berusaha untuk membungkam saudara itu untuk berbicara soal inseminasi ini. Ia juga menyebut dunia tidak perlu tahu kepada sang sutradara.

Adapun, film dokumenter Our Father bisa disaksikan di Netflix.