Film <i>Soul</i> Tayang di Disney Plus, Jaringan Bioskop Eropa Marah
Film Soul (Disney)

Bagikan:

JAKARTA - Keputusan Disney menayangkan film Soul melalui Disney Plus membuat kecewa operator bioskop Eropa.

Mengutip Variety, Senin< 12 Oktober, International Union of Cinemas (UNIC) yang menjadi representasi operator bioskop di Eropa mengatakan pihak mereka mencoba membuat bioskop menjadi tempat yang aman.

“Operator sinema berinvestasi untuk memberikan pengalaman teraman kepada audiens agar menjanjikan jadwal film baru,” katanya.

Namun, kekecewaan mereka timbul setelah Soul pindah ke layanan streaming. Apalagi film ini melakukan premiere di beberapa festival film Eropa seperti London Film Festival dan Rome Film Festival.

“Perilisan film baru akan membuat perubahan untuk mendukung masyarakat kembali ke bioskop. Selain Eropa, banyak bioskop yang membuka bisnis dengan sukses - menayangkan rilisan lokal, mengingat judul yang tayang sekarang lebih penting dari sebelumnya,” kata mereka lebih lanjut.

“Tidak hanya bioskop dan penonton yang kehilangan - situasi ini juga membuat frustasi kreator dan pegiat film yang ingin menonton film mereka di layar lebar.”

Sebelumnya, kejadian serupa dilakukan Disney terhadap Mulan di mana Disney memindahkan film ini untuk tayang secara digital.

Seorang pria yang diketahui pemilik bioskop Cinepal terlihat menghancurkan poster Mulan setelah berita tersebut diumumkan. Ia menyebut, kabar ini membuatnya kecewa lantaran pihaknya sangat berharap kepada film ini.

Film Soul akan tayang melalui Disney Plus pada 25 Desember.