Cara Packing Efisien untuk Mudik Lebaran Ala Raymond Y Tungka
Ilustrasi Packing (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang libur Lebaran semakin banyak masyarakat yang merencanakan perjalanan entah untuk mudik ataupun sekadar melakukan "traveling". Salah satu hal yang harus diperhitungkan saat melakukan perjalanan adalah barang bawaan.

Kerap kali barang bawaan justru membuat perjalanan untuk berlibur dan melancong menjadi tidak efisien karena tidak disiapkan atau dipacking dengan baik, untuk mengatasi hal itu Raymond Tungka yang dikenal sebagai traveler membagikan tips packing yang efisien agar waktu liburan anda menjadi menyenangkan.

"Pertama hal yang harus dilakukan untuk packing adalah observasi. Observasi itu penting dilakukan untuk melihat kebutuhan kita selama di perjalanan. Observasinya bisa berupa melihat kondisi cuaca, tempat kita pergi traveling, sampai durasi perjalanan sehingga dengan data- data yang dikumpulkan kita bisa memastikan berapa banyak kebutuhan dan mencukupkannya dengan barang bawaan kita," kata Rarmond dikutip dari ANTARA, Sabtu, 23 April.

Setelah berhasil mengobservasi, siapkan barang- barang yang akan dibawa untuk melakukan perjalanan berlibur. Periksa kebutuhan dari atas kepala hingga ujung kaki untuk memastikan semua kebutuhan terakomodir, misalnya untuk bagian kepala dan leher anda bisa menyiapkan topi, kacamata hitam, bandana, lalu masuk ke bagian badan anda bisa menyiapkan baju panjang hingga jaket, pada bagian kaki anda bisa menyiapkan celana hingga sepatu dan semuanya disesuaikan dengan kebutuhan.

"Nah kalau sudah seperti itu langkah selanjutnya pastikan bawa cadangan juga," kata Raymond.

Pria yang juga seorang sineas itu menyebutkan cadangan dibutuhkan apabila ternyata barang utama yang dibawa mengalami kerusakan atau bahkan ketika melakukan perjalanan justru terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Selain itu jangan lupa juga membawa kebutuhan dasar seperti obat- obatan dan peralatan mandi sehingga kebersihan dan keamanan diri bisa lebih terjaga. "Kalau semua itu sudah dilakukan, lalu apik menatanya, tentu packing-nya juga akan cepat dan mudah," kata Raymond Y Tungka.