Kwon Do Woon Jadi Penyanyi Trot Korea Pertama yang Mengaku Penyuka Sesama Jenis
Kwon Do Woon (Foto: Faith Entertainment

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Korea Selatan, Kwon Do Woon mengaku dirinya sebagai seorang gay. Ia berharap, pengakuannya itu dapat membuka pintu bagi anggota komunitas LGBT+ lain di negaranya.

Sang bintang berbicara terus terang tentang orientasi seksualitasnya untuk menandai ulang tahun ke-10 debut trot, genre pop Korea yang diusungnya. Ia menjadi selebritas pria besar pertama di negaranya yang mengaku sebagai gay dalam dua dekade.

Kwon Do Woon mengatakan dirinya berharap mampu membuka industri hiburan sehingga lebih banyak bintang queer dapat hidup secara otentik dan nyaman.

“Saya berharap dapat terus mewakili komunitas LGBTQ dalam peran saya,” tambahnya melansir Zapzee, Rabu, 7 Oktober.

Penyanyi itu mengatakan kepada media lokal bahwa ia terinspirasi oleh pembawa acara TV yang menjadi koki Hong Seok Cheon. Ia merupakan bintang utama pertama - dan hingga sekarang, terakhir - yang mengaku sebagai gay pada tahun 2000.

Segera setelah pengakuan itu, Hong Seok Cheon dipecat dari pekerjaannya sebagai pembawa acara Po Po Po (jawaban Korea Selatan untuk Sesame Street).

Kwon Do Woon memuji Hong Seok Cheon karena memberinya keberanian untuk menjalani apa yang dia anggap benar.

"Ketika kami bertemu untuk acara tidak resmi, saya bisa melihat sisi yang sangat bahagia dari (dia)," katanya.

“Saya pikir akan lebih baik bagi saya untuk berterus terang ketika saya tidak punya beban, jadi saya melakukannya. Akan sangat sulit bagi saya jika ada banyak hal yang bisa saya hilangkan. ”

Penggemar trot dan K-pop memuji Kwon Do Woon atas keterbukaan idolnya.

Meskipun hubungan sesama jenis umumnya tidak dikriminalisasi di Korea Selatan - dan ada beberapa perlindungan diskriminasi - pria penyuka sesama jenis sering dianiaya.

Ada larangan hubungan sesama jenis di militer, meskipun wajib militer diwajibkan untuk semua pria cis (seseorang yang memiliki persepsi gender yang sesuai dengan jenis kelaminnya). Orang transgender juga dilarang ikut.

Banyak orang LGBT+ menyembunyikan seksualitas mereka. Begitu pun di industri hiburan, di mana Kwon Do Woon bergabung dengan sekelompok kecil bintang-bintang itu. Di antaranya adalah penyanyi Holland, yang pada tahun 2018 melakukan debutnya sebagai "idola K-pop gay pertama".

Pada 2019, penyanyi K-Pop lainnya, Som Hein, mengaku sebagai wanita biseksual. Sementara dari sisi transgender, tercatat hanya ada penyanyi, model sekaligus aktor Harisu yang paling terkenal di negara itu.