Biar Enggak Semakin Buncit, Begini 7 Kiat Makan Secukupnya Saat Berbuka Puasa
Ilustrasi kiat makan secukupnya saat berbuka puasa agar enggak buncit (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terlalu banyak makan ketika berbuka puasa, membuat perut terasa tak nyaman. Umumnya akan berisiko mengganggu pencernaan, kembung, mulas, hingga mual dan muntah. Belum lagi risiko yang paling dihindari, lingar perut melebar dan angka timbangan bertambah.

Nah, biar enggak kalap makan banyak jenis makanan saat berbuka puasa, berikut kiat supaya kamu makan secukupnya saja.

1. Minum banyak air mineral

Antara lapar dan haus, sulit dibedakan gejalanya. Oleh karena itu, lebih baik mendapatkan cairan cukup dulu daripada banyak nyemil jajanan takjil. Secara umum, rasa lapar yang amat sangat akan mereda setelah mendapatkan minum cukup. Maka disarankan minum segelas air penuh sebelum makan. Kiat ini juga bermanfaat membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan.

2. Membuka dengan makan kecil

Mulailah berbuka puasa dengan sesuatu yang kecil seperti kurma atau almond. Kemudian, istirahat sebentar untuk memberi kesempatan pencernaan beradaptasi. Kemudian bisa minum minuman manis dan air putih. Sementara dapat menyelesaikan sholat maghrib lalu merencanakan apa-apa saja yang bisa dimakan. Seleksi berdasarkan makanan yang paling disukai dan bernutrisi.

kiat makan secukupnya saat berbuka puasa agar enggak buncit
Ilustrasi kiat makan secukupnya saat berbuka puasa agar enggak buncit (iStockphoto)

 

3. Makan perlahan

Ketika waktu makan tiba, jangan terburu-buru untuk mengisi piring dengan banyak makanan. Disarankan mengisi secukupnya dulu dan kunyah secara perlahan. Hal ini membantu tubuh mengirim sinyal tanda lapar dan kenyang.

4. Duduk dan fokus

Makan dengan posisi duduk akan membuat lebih nyaman daripada berdiri. Makan sambil duduk juga membuat seseorang lebih mendengarkan kecukupan tubuh. Makan dengan sabar, tak tergesa, sedikit demi sedikit, dan tidak kebanyakan.

5. Hindari berkeliaran di sekitar meja makan

Akses menggapai makanan juga memengaruhi hasrat untuk mengunyah lho. Semakin dekat jaraknya, maka keinginan makan tak sempat ditolak. Jadi, duduklah berjarak dengan menja makan setelah menyantap makan besar.

6. Jaga tubuh tetap aktif

Meski tubuh lemas, tubuh tetap harus aktif. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya untuk mendapatkan tubuh sehat. Olahraga juga membantu merasa energik setelah berbuka puasa.

7. Cukup tidur

Orang-orang cenderung tidur lambat selama Ramadan. Tetapi jangan sampai kurang tidur karena bisa memengaruhi nafsu makan. Saat kurang tidur, hormon lapar akan dilepaskan dan mengakibatkan makan berlebihan saat berbuka puasa.

Itulah kiat yang bisa dilakukan ketika berbuka puasa. Disamping mengukur porsi cukup saat berbuka, pilih jenis makanan yang mengandung banyak air dan bernutrisi untuk asupan sahur nanti.