4 Cara Menikmati Ramadan dengan Suka Cita bersama Keluarga dari Ririn Ekawati
Ririn Ekawati dan keluarga (foto: IG @ririenekawati)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai seorang ibu yang bekerja, Ririn Ekawati merasa bahwa menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu bersama keluarga di bulan Ramadan menjadi tantangan tersendiri. Menurutnya, ada beberapa tips dan inspirasi kegiatan yang dapat membuat bulan Ramadan bersama keluarga semakin bermakna.

Selalu menantikan bulan Ramadan, berikut tips menikmati bulan puasa dengan suka cita dari Ririn Ekawati.

Kenalkan konsep berpuasa pada anak secara bertahap

Sejak putri bungsunya Cattleya menginjak umur empat tahun pada Ramadhan tahun lalu, Ririn rupanya sudah mengenalkan si kecil pada kegiatan puasa.

“Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi. Bagaimanapun, aku sadar setiap anak pasti punya tantangan puasa yang berbeda-beda," kata Ririn dikutip dari ANTARA, Selasa, 5 April.

"Cattleya misalnya dia itu bisa menahan rasa lapar, tapi kalau menahan godaan untuk minum susu masih susah, karena memang doyan. Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar,” lanjutnya.

Susun rencana makan dan kebutuhan harian puasa bersama seluruh anggota keluarga

Menurut Ririn, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadhan. Ia juga melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan kebutuhan tersebut.

Menyusun meal plan untuk sahur, misalnya, membuat anak-anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur. Menjelang berbuka, Ririn pun kerap mengajak sang anak dan suami untuk memilih kudapan hingga santapan berbuka dari restoran favorit keluarga.

Sambung tradisi lama, bangun rutinitas baru

Ririn kerap menjalankan tradisi bersama keluarga, seperti berziarah menjelang Ramadhan tiba, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat. Ririn juga memiliki kebiasaan bukber bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga.

Di tengah pandemi pandemi, Ririn juga tetap berupaya untuk meneruskan tradisi-tradisi tersebut meski dengan keterbatasan. Selain itu, Ririn pun berusaha memperkenalkan makanan khas Ramadhan yang ia sukai sejak kecil kepada suami dan anak.

Sebagai orang yang tumbuh dan besar di tengah keluarga Sulawesi, Ririn kerap menghidangkan kuliner khas, seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil saat berbuka. Dia juga kerap membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas menyambut hari raya.

Manfaatkan teknologi dan platform digital agar makin praktis

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi Ririn dan keluarga untuk tetap maksimal menjalani aktivitas berpuasa setiap harinya.

Misalnya, memanfaatkan layanan pesan antar makanan, layanan kesehatan online, dan berbagai platform hiburan digital untuk ngabuburit. "Sebagai ibu yang juga aktif bekerja, teknologi sangat memberi kemudahan dan membuat aku jadi lebih hemat di bulan Ramadaan," pungkas Ririn Ekawati.