Taman Nasional Jepang Sediakan Fasilitas Kerja Sambil Liburan Saat Pandemi
Taman Nasional Setonakai (situs Japan Travel Government)

Bagikan:

JAKARTA - Kalau sebelumnya ada resort di Maldives yang menawarkan tempat kerja yang dilengkapi sarana berlibur, kini sejumlah taman nasional di Jepang menawarkan fasilitas yang kurang lebih sama. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi pariwisata dan juga memberi solusi baru bagi pekerja yang merasa bosan saat bekerja di rumah.

Disebut sebagai workation, berbagai taman nasional di Jepang mulai bekerja sama dengan hotel dan tempat penginapan sekitar untuk menyediakan paket menginap di sekitar taman nasional.

“Kami ingin masyarakat dapat bekerja secara remote sembari beristirahat dalam lingkungan yang jauh dari kehidupan mereka sehari-hari,” kata perwakilan Kyukamura Kishu Kada resort kepada Japan Times pada Selasa, 29 September.

Ruangan yang tersedia ini nantinya akan menyediakan stop kontak serta koneksi Wi-Fi untuk mendukung aktivitas bekerja.

Tidak lupa, pihak penginapan dan taman nasional akan memberikan makanan kepada pengunjung. “Kami ingin menawarkan rencana di mana pengunjung dapat bekerja pada pagi hari dan menikmati trekking bersama keluarga di siang hari,” kata perwakilan hotel.

Ada beberapa taman nasional yang menerapkan program ini, yaitu Setonakai, Aso-Kuju, dan Nikko.

Program ini dibuat agar masyarakat Jepang bisa merasakan liburan tetapi tetap dekat dengan rumah mereka agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

Selain Jepang, ada Maldives yang menyediakan fasilitas serupa untuk pengunjung. Negara Barbados juga memperbolehkan siapa pun pindah sementara ke negara mereka untuk bekerja remote selama satu tahun.