Ingin Jadi Chef Profesional? Kenali Dulu Peralatan Restoran Ini!
Ilustrasi Chef (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Chef masih jadi profesi yang cukup menjanjikan dan popular hingga kini. Profesi yang satu ini mengharuskan seseorang untuk ahli meracik bumbu masakan dan bisa membuat berbagai kreasi makanan. Banyak pula yang melakukan eksperimen untuk membuat menu masakan baru yang dapat diterima oleh banyak orang.

Selain memasak dan memastikan makanan layak untuk disantap, tugas seorang chef tak lepas dari menjaga kualitas bahan makanan yang akan mereka olah menjadi masakan. Nah, untuk memastikan bahan baku makanan selalu memiliki kualitas terbaik, seorang chef perlu mengenal berbagai alat restoran yang akan digunakan. 

1. Kompor Kwali Range

Kompor kwali range sering juga disebut sebagai kompor wok kwali yang merupakan jenis kompor yang memiliki tekanan api cukup tinggi. Jenis kompor yang satu ini umumnya dipakai di dapur restoran chinese food. Penggunaan kompor kwali range membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan praktis, sehingga banyak restoran yang menggunakan kompor jenis ini. 

Terdapat perbedaan antara kompor yang satu ini dengan kompor gas biasa. Tambahan blower di kompor kwali range membuat semburan api lebih kuat. Sehingga, kompor yang satu ini bisaa digunakan untuk menunjang aneka menu yang membutuhkan proses memasak yang cepat.

2.  Refrigeration

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan alat yang satu ini. Mesin pendingin berfungsi untuk memperlambat bakteri yang akan mengurai ke berbagai makanan. Hal ini akan membuat makanan menjadi lebih tahan lama. 

Jika dilihat dari kapasitasnya, ada lima pendingin yang ada di pasaran. Yakni, jenis portable, satu pintu, dua pintu, tiga pintu dan side by side. Semuanya memiliki kapasitas yang berbeda, mulai dari 50 hingga 600 liter.

3. Tilting Pan

Alat masak yang satu ini adalah alat penggoreng besar yang biasanya digunakan ketika memasak makanan dengan porsi yang banyak. Alat yang satu ini memiliki bentuk segi empat dengan sumber panas dari gas.

Tilting pan sendiri dilengkapi dengan alat pengungkit yang berfungsi untuk memindahkan makanan ke wadah lainnya ketika makanan tersebut sudah matang. 

4. Gas Stove

Satu lagi alat masak yang sepertinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Gas stove adalah kompor yang dilengkapi dengan banyak tungku. Kompor ini banyak digunakan di restoran professional karena terdapat enam tungku sehingga proses memasak lebih mudah dan cepat.

Tak hanya enam tungku, gas stove juga memiliki jumlah tungku yang lebih kecil, yakni empat dan dua tungku yang biasanya digunakan untuk proses memasak di rumahan. 

5. Meja Preparation Stainless

Sebuah restoran tentu harus membuat beragam macam menu. Nah, untuk hal ini semua restoran atau dapur rumah makan membutuhkan meja dapur yang tahan karat, bagus, kuat, tidak meninggalkan noda, tidak menyerap bau dan tentunya mudah dibersihkan. Meja berbahan dasar stainless ini menjadi salah satu meja yang kerap dipakai di restoran atau rumah makan.

Ada banyak jenis meja stainless yang tersedia, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan ukuran dapur, tipe resto yang kamu jalankan dan lainnnya. Sebab, meja yang satu ini seringkali digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan sebelum diolah.

Seorang chef perlu mengenal berbagai peralatan dapur agar bisa mengolah berbagai bahan makanan menjadi menu yang dapat disajikan kepada banyak orang. 

Untuk mendapatkannya, kita bisa membeli langsung di pusat perbelanjaan, secara online, ataupun dengan import sendiri langsung dari China. Tentunya, selain lima peralatan restoran di atas, masih ada banyak peralatan lainnya yang perlu kamu kenali sebelum memutuskan untuk menjadi seorang chef yang handal.