3 Alasan Janariyah Yakin Gaga Muhammad Berhak Keringanan Hukuman: Tak Beri Uang Tapi Sudah Bantu Carikan
Ibu Gaga Muhammad (Alit Bagus/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gaga Muhammad mengajukan delapan memori banding terkait vonis yang diterimanya pada 19 Januari dengan hukuman 4,5 tahun penjara dan denda Rp 10 juta. Memori banding tersebut telah diserahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur pada Selasa, 8 Februari.

Ibunda Gaga, Janariyah merasa hukuman itu terlalu berat untuk Gaga dan tidak adil. "Oh iya (belum dapat keadilan) kan makanya kita mengajukan banding. Paling tidak mendapat keadilan lah buat Gaga, karena dia masih terlalu muda jadi dia harus mendapat keadilan Paling tidak hukumannya dikurangi lah," ucap Janariyah.

Ada tiga alasan mengapa Janariyah yakin dan optimistis Gaga berhak mendapat hukuman yang lebih ringan.

1. Tak Sebabkan Kelumpuhan Laura Anna
Menurut ibu Gaga, ada kekeliruan dalam menyimpulkan korban Laura Anna mengalami lumpuh pada tanggal 8 Desember 2019.

Pengacara Gaga, Fahmi Bachmid menyebut penyebab kelumpuhan Laura Anna bukanlah Gaga Muhammad. Terjadi kekeliruan dalam melihat kelumpuhan sebagai akibat dari perbuatan Gaga Muhammad, jadi Gaga lalai, iya. Tapi menyebabkan kelumpuhan belum bisa terbukti dipersidangan ini," tegas Fahmi.

2. Bantu Mencari Dana
Janariyah juga merasa Gaga sudah membantu secara finansial kepada keluarga Laura Anna. "Kalau dibilang dari segi bantuan, pada saat di Mayapada orang tua Laura menyampaikan kepada Gaga. Ga, bagaimana ini, kita harus bayar rumah sakit. Lalu Gaga bilang, kalau keluarga saya belum bisa membantu. Tapi saya akan bantu mencarikan jalan bagaimana menyelesaikannya," ucap Janariyah.

Dari proses pencarian dana yang dilakukan Gaga, terkumpul uang sebanyak Rp 180 juta. Menurut Janariyah, semua dana tersebut tidak ada yang masuk ke rekening anaknya melainkan ke rumah sakit dan ke pihak ibu Laura Anna.

"Dia akan komunikasikan dengan teman-temannya, dia dapat bantuan saat itu kurang lebih Rp180 juta. Rp40 juta ke Mayapada, Rp140 juta itu langsung ke rekening ibu Laura, bukan masuk di rekening Gaga ya" tuturnya.

"(Uang) buat dikumpulin, tapi yang ngumpul namanya Aan Story. Disimpan di rekeningnya, beliau yang kirim ke Mayapada sama langsung ke ibunya Laura," tambahnya. Dari usaha yang dilakukan anaknya itu, Janariyah menilai bahwa Gaga sudah bertanggung jawab.

3. Gaga Menemani Setahun
Gaga Muhammad dianggap tidak memberi materi dan tak memiliki itikad baik membantu korban serta keluarga Laura Anna. Terhadap gugatan ini, Gaga Muhammad tidak terima.

"Mereka menyimpulkan bahwa Gaga itu tidak pernah memberi bantuan padahal ada satu tahun Gaga Muhammad menghabiskan waktunya untuk menjaga korban Laura Anna," jelas Fahmi.