Reza Rahadian Persembahkan Puisi untuk Kesembuhan Remy Sylado
Reza Rahadian (Alit Bagus/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Reza Rahadian, ikut serta dalam acara sosial untuk membantu kesembuhan seorang seniman mulitalenta Remy Sylado. Pagelaran tersebut digelar di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada Jumat, 4 Februari 2022 sore dengan tajuk Doa untuk Remy Sylado.

Keterlibatan Reza, pada acara tersebut tak terlepas dari peran sang ketua pelaksana Jose Rizal Manua. Dalam kesempatan itu, aktor yang sedang viral dengan serial Layangan Putus tersebut membacakan satu puisi berjudul Semua Keindahan Terwujud.

"Mas Jose adalah guru saya di awal-awal, saya sangat menghormati beliau. Ketika diberitahu ada acara ini saya menyambut baik kalau ini bisa jadi dukungan kecil mungkin dan suport bisa pulih, saya rasa sebagai bagian dari industri ini (seni) juga saya semangat sekali bisa datang," ucap Reza kepada Voi.id usai acara.

Meskipun belum pernah ketemu secara langsung dengan Remy, Reza mengaku kalau dirinya mendapat banyak pelajaran dari puisi-puisi seniman yang berusia 76 tahun itu. "Saya pernah baca tentang om Remy, ia sangat peka dengan diksi-diksi bahasa Indonesia karena beliau pernah nulis buku tentang itu,"kata Reza.

"Saya orang yang juga senang pelajari itu. Saya ingat kata bu Jajang C. Noer kalau bahasa itu bagian dari identitas bahasa, jadi kita harus peduli. Kita tahu di era sekarang bahasa sudah campur aduk. Jadi bahasa Indonesia penting untuk selalu di pelajari dan itu ada di puisi-puisi om Remy," tambahnya.

Remy diketahui sempat kritis pada 2020 karena mengalami infeksi pada ginjal, punya riwayat penyakit jantung, dan memiliki tekanan darah tinggi. Ia sempat bolak-balik ke rumah sakit hingga akhirnya hanya terbaring di rumah lantaran minim biaya.

Setelah mendapatkan kunjungan dari Gubernur Anies Baswedan, Remy akhirnya bisa mendapat perawatan dan operasi secara VIP di Rumah Sakit Tarakan dan kini kondisinya semakin membaik. Pada acara tersebut diperlihatkan video situasi kesehatan Remy yang sudah bisa bercanda bahkan menyanyikan satu puisi dari Jerman, yang dimusikalisasi oleh penyair Inggris.