Perbandingan Signifikan <i>Mulan</i> 1998 dengan <i>Mulan</i> 2020
Mulan 2020 (Disney)

Bagikan:

JAKARTA - Film live action Mulan resmi dirilis pada hari ini, Sabtu, 5 September di Disney+. Film arahan Niki Caro ini memilih materi aslinya dan mengurangi beberapa hal yang terjadi pada versi animasi Mulan.

Ada sejumlah perbedaan yang dihadirkan Mulan versi live action dibandingkan Mulan animasi 1998. VOI merangkum beberapa perbedaan itu. Simak di sini ya!

Karakter Mulan

Pada versi 1998, Mulan digambarkan sebagai seorang perempuan tanpa kekuatan super. Ia hanya menggunakan intuisi dan kekuatannya untuk bertarung.

Sedangkan versi filmnya menghadirkan sosok Mulan yang mampu mengontrol Chi. Chi adalah energi dalam mengontrol segala hal. Mulan dalam live action adalah sosok yang independen tetapi juga menyayangi keluarga. Terbukti ia memilih menggantikan sang ayah untuk berperang meskipun harus menutupi identitasnya sebagai wanita.

Punya Adik Perempuan

Mulan memiliki satu adik perempuan bernama Xiu. Tetapi saat ingin berperang, Xiu tidak bisa ikut karena ia masih terhitung muda. Oleh karena itu, Mulan secara sukarela ikut berperang dan bertarung bersama orang-orang di desanya.

Dalam versi animasinya, Mulan diceritakan tidak memiliki saudara. Ia adalah anak satu-satunya.

Karakter Kapten Shang

Figur Kapten Shang digambarkan sebagai pemimpin sekaligus pasangan Mulan dalam animasi. Tetapi Disney memutuskan untuk memecah peran ini menjadi 2 peran terpisah dalam versi live actionnya.

2 peran itu adalah Komander Tung (diperankan Donnie Yen) serta Chen Honghui, tentara yang memiliki perasaan kepada Mulan.

Sedikit Nyanyian

Mulan animasi banyak menampilkan adegan percakapan melalui nyanyian, salah satunya adegan Mulan memakai kostum tradisional sambil menyanyikan Honor to Us All. Begitu juga adegan ketika Mulan dan 

Tetapi adegan itu tidak akan diulang, sebab Caro memutuskan untuk memakai lagu Honor to Us All sebagai latar suara. Mereka memilih memakai latar suara dibandingkan menggunakan materi lagu pada versi animasinya. Begitu juga adegan Mulan dan Chien Po, Ling, Yao yang menyanyikan A Girl Worth Fighting For. Versi aslinya digantikan dengan mereka yang membahas kriteria istri idaman mereka tanpa menyanyi.

Mulan 2020 adalah Cerita Asli

Mulan adalah cerita rakyat asal China yang ditulis pada abad ke-5, “The Ballad of Mulan”. Melihat versi animasi yang menampilkan sisi modern, Niki Caro ingin menampilkan sisi orisinalitas cerita Mulan yang asli dengan menggunakan aktor dan aktris dari negara aslinya.

Mulan 2020 menghadirkan kisah perjuangan seorang perempuan untuk mempertaruhkan kehormatan dalam diri dan keluarganya namun tidak merendahkan negara atau siapapun.

Musuh Mulan adalah Penyihir

Penyihir Xian Lang adalah musuh baru Mulan dalam versi live action. Dengan kekuatannya, ia mampu mengubah bentuk menjadi burung pemangsa. Dalam trailernya, ia juga mengancam Mulan dengan identitas aslinya.

Meskipun membawa beragam perubahan dibanding versi aslinya, Niki Caro menjamin Mulan 2020 akan membuat penggemar merasakan nostalgia tetapi juga melihat cerita asli Mulan.

Mulan 2020 bisa ditonton secara eksklusif melalui layanan streaming Disney+ dan Disney+ Hotstar. Kalian bisa mulai berlangganan dan bisa membeli premiere access untuk menonton Mulan secara gratis.