Toko di Akihabara Malah Bagikan Uang Gratis untuk Pelanggan, Bagaimana Bisa?
Uang (Sharon McCutcheon/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah toko kelontong di Akihabara, Tokyo, Jepang menghebohkan jagat internet. Pasalnya, mereka membagikan uang secara gratis tanpa syarat apapun.

Card Shop Spiral, nama toko tersebut menaruh foto mesin minuman pendingin yang ditata rapi dengan kotak terbuka berisikan uang. Melansir SoraNews24 pada Rabu, 2 September, mereka menuliskan, “Gunakan uang ini. Jangan lupa kembalian.” pada 29 Agustus.

Keesokan harinya, seluruh minuman dalam mesin itu sudah terjual habis. Namun pemilik toko menulis, “Hari ini panas sekali. Minuman di mesin sudah habis jadi jika Anda ingin minum, tolong beritahu staf. Kami membagikannya secara gratis.”

Uang yang ditaruh di dalam kotak adalah beberapa lembaran 1000 yen.

Kabarnya, belasan toko di Akihabara harus menutup bisnis mereka akibat pandemi COVID-19. Namun tidak dengan Card Shop Spiral yang malah membagikan uang untuk pengunjung.

Belum diketahui apakah sistem ini akan terus dijalankan atau tidak tetapi karena aksi ini, Card Shop Spiral mulai diramaikan oleh pengunjung.

Masyarakat yang mengetahui Card Shop Spiral menyebarkan aksi positif yang dilakukan toko ini.

“Card Shop memiliki pelanggan reguler yang tidak ingin menghancurkan bisnis maka itu mereka bisa dipercaya,”

“Jika aku pemilik tokonya, aku akan memasang kamera dan melakukan eksperimen sosial untuk melihat apakah cara ini benar-benar bekerja dengan baik.”

Aksi ini dibuat Card Shop Spiral seiring dengan cuaca panas terik (heatwave) yang melanda Jepang selama Agustus lalu. Saking panasnya, 79 orang dikabarkan meninggal dunia.

Kalau ini terjadi di Indonesia, apakah bisa berjalan dengan baik?