Makam Upin dan Ipin Viral di Media Sosial, Spekulasi Warganet yang Bermunculan Jauh dari Perkiraan Penulis
Upin Ipin (Foto: YT Les' Copaque Production)

Bagikan:

JAKARTA - Warganet hebih dengan munculnya video TikTok yang memperlihatkan foto nisan bertuliskan Upin dan Ipin menjadi viral di media sosial. Dua batu nisan tersebut bertuliskan Upin yang wafat pada 6 Agustus 1995 dan Ipin pada 2 April 1996.

Dalam unggahan TikTok @ABI_ALONK_3110 nampak dua buah makam berwarna biru di sebuah pemakaman bertuliskan Ipin dan Upin. Pemilik akun tersebut menyebut video makam tersebut didapatnya dari seorang teman yang tinggal di Malaysia.

"Pantes nggak pernah gede. Ternyata ceritanya berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulisnya.

"Maaf ya gaes jadi rame, video ini alonk dapat dari teman yang juga orang Malaysia. Katanya, ini berdasarkan kisah dari nenek di sana yang diungkap ke dalam animasi," sambungnya.

Karena populer di Indonesia, video tersebut dikomentari warganet. "Katanya ada teori konspirasi sebenernya keluarga ini kecelakaan 1 keluarga gitu ibu bapak sama Upin meninggal di tempat (kalau nggak salah) Ipin sama Kak Ros koma dan Kak Ros hidup," kata akun @arr***.

"Simpang siur sih, ada juga yang bilang ini khayalan si opah yang nggak percaya cucunya meninggal. Ntahlah ini hanya si pembuatnya yang tahu," sambung akun @ica***.

Video tersebut diunggah ulang akun gosip yang menunjukkan rumah mirip di animasinya. Penampakan rumah Upin Ipin yang sangat mirip dengan animasinya. Warganet memberikan penjelasan di kolom komentar Instagram @Insta.nyinyir.

"Ini rumahnya kayaknya dibuat pas udah terkenal deh," beber akun @and***.

Dikutip dari berbagai sumber, animasi Upin Ipin pertama kali dibuat oleh Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariff pada tahun 2007 silam. Kartun ini awalnya dibuat dengan tujuan menyambut Ramadhan.

Kartun ini menceritakan tentang dua anak kembar Upin dan Ipin dengan kakaknya yang galak Kak Ros dan tinggal bersama neneknya. Diceritakan pula bahwa orang tua Upin dan Ipin serta Kak Ros telah meninggal dunia namun tak dijelaskan penyebabnya.

Burhanuddin Rafzi dan Ainon Ariff, pernah mengatakan bahwa animasi tersebut sebenarnya dibuat untuk menyambut bulan Ramadhan. Ainon sendiri tak hanya berperan menulis cerita Upin dan Ipin, dia juga mengisi suara dari karakter Opah. Bahkan, Ainon disebut memiliki sifat seperti Opah karena kerap mengasuh cucunya persis seperti cerita Upin Ipin.