Raisa Nyanyikan Ulang Lagu Titi DJ, <i>Bahasa Kalbu</i>
Raisa (Instagram @raisa6690)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu lagu hit Titi DJ dipermak ulang. Bahasa Kalbu, dibawakan kembali oleh Raisa lewat bantuan tangan dingin komposer Andi Rianto.

Ide untuk menyanyikan ulang Bahasa Kalbu muncul dari respons positif penonton konser Magenta Orchestra XV, yang dipimpin Andi Rianto, tahun lalu.

Bahasa Kalbu - karya milik Titi DJ, Andi Rianto, dan Dorie Kalmas - kali ini dikemas dalam balutan orkestrasi sehingga terasa lebih megah. Hal baru untuk solois yang belum pernah punya lagu full orkestra.

Sosok Raisa biasanya akrab dengan aransemen musik pop bersama format full band yang diisi instrumen gitar, kibor, drum, bass sebagai pondasi dasar musiknya.

"Kesempatan menyanyi dengan full orkestra enggak sesering itu, enggak akan pernah salah dengan orkestra," ujar Raisa dalam keterangan resminya.

"Gue harap bisa membawa lagu ini untuk pendengar yang lebih muda," lanjutnya.

Raisa mengatakan, dia ingin menciptakan Bahasa Kalbu versinya sendiri yang diharapkan bisa dinikmati pencinta musik.

Bagi Andi Rianto, Bahasa Kalbu adalah lagu istimewa karya pertamanya di industri musik Indonesia yang langsung menuai kesuksesan.

"Ini lagu pertama, tiba-tiba 'meledak', jadi soundtrack sinetron (Cinta). 'Ya Allah, masuk TV lagu gue'," Andi mengenang perasaannya saat itu.

Dulu, komposer yang telah memenangi 5 penghargaan AMI Awards tahun 1999 lalu membawakannya secara minimalis hanya dengan iringan kibor. 21 tahun kemudian, lagu ini dihidupkan kembali bersama Raisa dengan aransemen yang lebih kaya. Keinginan itu sudah muncul sejak bertahun-tahun lalu.

"Saya dari tahun 2016 sudah berpikir ingin remake Bahasa Kalbu dan Raisa yang menyanyikannya," kata Andi.

"Raisa berhasil membuat lagu ini jadi lagunya sendiri," puji dia.

Raisa pertama kali menyanyikan Bahasa Kalbu dengan Andi Rianto di acara perayaan 15 tahun Magenta Orchestra.

“Melihat respons yang bagus dari penonton yang melihat performance Raisa bersama Magenta Orchestra, kami JUNI Records berpikir untuk merekam lagu ini. Lagu Bahasa Kalbu ini punya magnet sendiri yang selalu membuat banyak orang merinding in good way,” tutur Adryanto Pratono, CEO JUNI Records.

Lagu ini seharusnya dirilis pada April lalu, namun ditunda akibat pandemi COVID-19. Pengambilan video klip yang bernuansa hitam putih pun berlangsung hanya beberapa hari sebelum pembatasan wilayah berskala besar di Jakarta.