Mengenal 3 Macam Siklus Hidup Tanaman, Sudah Tahu?
Ilustrasi siklus hidup tanaman (Unsplash/Markus Spiske)

Bagikan:

JAKARTA – Selain mengetahui cara merawatnya, pecinta tanaman juga perlu tahu tentang siklus hidup setiap tumbuhan yang acap dirawat di rumah. Berdasarkan siklus hidupnya, tanaman terbagi menjadi 3 kategori, yaitu tanaman tahunan, tanaman perennial, dan tanaman biennial.

Apa perbedaan dari ketika macam siklus hidup tanaman tersebut? Dilansir Sunday Gardener, Rabu, 5 Januari, berikut penjelasan singkat dan karakternya.

1. Tanaman tahunan

Tanaman tahunan memiliki siklus hidup mulai dari berkecambah, tumbuh, mekar, berbiji, dan mati dalam satu tahun. Tanaman ini, umumnya hidup dua tahunan, mereka akan berkecambah dan tumbuh dalam waktu satu tahun. Kemudia mekar, berbiji atau berbuah, dan mati pada tahun berikutnya.

Jika Anda hendak membeli tanaman hias yang baru, maka perlu tahu karakter hidup tanaman tersebut. Dalam satu musim, tumbuhan ini akan berkecambah, satu musim berikutnya tumbuh, kemudian berbunga. Ini berarti musim berbunga tidak akan bertahan lama sampai akhirnya mati. Bunga yang bertipe siklus hidup tahunan misalnya marigold. Jenis tanaman lain yang memiliki siklus hidup tahunan antara lain sawi, semangka, jagung, calendula, dan selada.

2. Tanaman biennial

Tanaman dua tahunan ini sebenarnya memiliki siklus hidup yang singkat, sama seperti tanaman tahunan. Ketika Anda menebar benih biji di taman, mereka akan terus menerus bertunas. Pada tahun kedua, bibit menjadi bunga dan tahun berikutnya. Jadi pembungaan terjadi dua tahun sekali berasal dari bibit dua tahun lalu. Bunga yang menebar biji akan tumbuh dan berbunga dua tahun kemudian.

Beberapa tanaman yang diklasifikasikan sebagai tanaman biennial antara lain bayam, worte, kubis, lobak, dan bawang. Bunga poppies dan foxglove juga termasuk tumbuhan siklus dua tahunan atau biennial.

3. Tanaman perennial

Disebut sebagai bunga abadi, atau hidup diatas 2 hingga 15 tahun. Yang merupakan tanaman perennial atau tanaman abadi punya karakter berkayu ataupun bersemak sepeti lavender, sage, rosemary, dan artemisia.

Setelah mengetahui macam-macam tanaman berdasarkan klasifikasi siklus hidup, mana yang paling cocok menghias rumah Anda? Yang jelas, siklus hidup tanaman juga dipengaruhi oleh cuaca, cara merawat, dan kondisi lingkungan.