Tega, Kronologi Hafiz Fatur Jual Semua Aset Kakaknya Irwansyah Sampai Ludes
Irwansyah dan adiknya (Foto: IG @hafizfaturrakhman)

Bagikan:

JAKARTA - Adik Irwansyah, Hafiz Fatur masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan menjadi buronan. Dia melakukan penggelapan data 22 karyawan PT Halal Berkah Indonesia untuk melakukan pinjaman senilai Rp3,1 miliar ke bank BRI.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada 29 Oktober 2021, Hafiz Fatur dipanggil untuk diperiksa. Namun, dia tak kunjung menghadiri pemeriksaan sehingga ditetapkan menjadi tersangka tindak pidana korupsi penyalahgunaan fasilitas Briguna Bank BRI Kantor Cabang Pembantu Tegar Beriman.

Sikapnya yang tak kooperatif membuat istri Irwansyah, Zaskia Sungkar juga ikut terseret. Zaskia diperiksa di Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor untuk dimintai keterangan. Zaskia adalah komisaris PT Halal Berkah Indonesia di mana Hafiz adalah direktur utamanya. Zaskia pun turut hadir ditemani Irwansyah untuk menjawab 20 pertanyaan selama 5 jam pada 16 Desember lalu.

"Dari keterangan kemarin, kita masih mendalami kapasitas dan peran dia sebagai komisaris, kita menanyakan apakah yang bersangkutan juga mengetahui fasilitas kredit yang dipinjamkan. Yang bersangkutan menyampaikan dia memang sebagai komisaris dan tidak mengetahui terhadap fasilitas kredit yang dilakukan direktur utama yakni HF,” kata Kasi Intel Kejaksaan Kab. Bogor melansir KH Infotainment.

Bukan cuma tindak korupsi, Irwansyah ternyata juga menjadi korban penipuan adiknya sendiri. Semua adetnya dijual adiknya dengan memalsukan tanda tangan Irwansyah. Hafiz menjual habis aset kakaknya.

"Irwan habis ketipu total, dia jumlahin pokoknya wow, karena berupa aset-aset, bahkan ada mobil aku juga, kalau Irwan yang kehilangan banyak banget," terang Zaskia Sungkar dalam tayangan kanal Youtube dikutip Senin, 3 Januari.

"Rumah, tanah, semuanya hilang, kecuali yang kita tinggalin sekarang, itu berat banget," tambahnya.

Zaskia Sungkar menyebut, Irwansyah merasa kecewa dengan tingkah saudaranya sendiri. "Aku sama Irwan lagi menghadapi ujian yang sangat besar menurut aku. Apalagi yang nipu nih saudaranya sendiri, kecewa, kesel," katanya.

Sebelum menempuh jalur hukum, Zaskia sendiri mengaku sudah mencoba menyelesaikan secara kekeluargaan. Tapi hasilnya nihil.

"Kita sudah menyelesaikan secara kekeluargaan waktu itu, tapi enggak ada penyelesaiannya, sekarang orangnya malah hilang. Ternyata dia nyangkut ada kasus lagi di Kejaksaan, makanya kita dimintai keterangan," kata Zaskia Sungkar.

Sama dengan Polisi, Irwansyah mengaku tak bisa menghubungi adiknya tersebut. Menutup tahun 2021, Irwansyah telah melaporkan adik kandungnya, Hafiz Fatur, ke Polres Metro Jakarta Selatan.