Jumlah Penonton Musikal <i>Hamilton</i> di Disney+ Lampaui Seluruh Tayangan Populer Netflix Juli 2020
Hamilton (Twitter @laughing_place)

Bagikan:

JAKARTA - Musikal Hamilton yang tayang di Disney+ membawa angin segar bagi layanan streaming yang dirilis sejak November 2019 itu. Ini menjadi musikal pertama yang ditayangkan melalui layanan streaming setelah terhenti karena pandemi COVID-19.

Dilansir dari Variety, Jumat, 14 Agustus, penonton Hamilton mendominasi hingga 37 persen dibandingkan seluruh tayangan yang dirilis pada bulan Juli lalu. Menyusul di belakangnya, ada serial dokumenter Unsolved Mysteries dari Netflix yang mengantongi 13 persen.

Meskipun menjadi yang tertinggi, tidak membuat Disney+ berbangga hati. Sebab, alih-alih hanya menayangkan koleksi dari bioskop seperti film-film Marvel atau serial Disney lainnya, mereka harus giat merilis konten-konten terbaru.

Mengapa begitu? Karena strategi itu digunakan Netflix agar pelanggan tetap memperpanjang pendaftarannya. Setiap bulannya, Netflix merilis lebih dari 80 judul baru baik serial televisi maupun film. Di Indonesia sendiri, Netflix telah meruntuhkan sejumlah pesaing lokal.

Bob Chapek, CEO Disney menuturkan hadirnya Hamilton di Disney+ mendatangkan pelanggan baru sejak perilisannya. Disney tidak mengungkap angka spesifiknya. Tetapi, menurut 7Park Data, meroketnya pelanggan Disney+ benar adanya karena musikal asal Broadway itu.

Hamilton yang berdurasi 160 menit terhitung 4x panjang dari serial televisi The Office, Grey’s Anatomy atau Parks and Recreation yang paling banyak ditonton ulang oleh pelanggan. Perlu diketahui, jumlah penonton mulai terhitung sejak 2 menit pertama. Maka dari itu jika seseorang menutup tayangan setelah 2 menit, penonton itu tetap dihitung.

Namun, nampaknya Disney+ tidak terlalu mempermasalahkan soal konten. Sebab, mereka telah menyiapkan perilisan Mulan di bulan September serta musim kedua The Mandalorian di bulan Oktober. Kedua tontonan ini berpotensi mendatangkan pasar lebih banyak lagi.

Ditambah, pelanggan Disney+ harus membayar biaya sewa untuk menonton Mulan dalam waktu terbatas (rental purchase). Bagi mereka yang sudah menantikan Mulan rasanya tidak akan berpikir panjang untuk membayar sewa.

Di sisi lain, Disney+ Hotstar akan hadir di Indonesia pada September mendatang. Selain film-film bawaan Disney, berbagai konten Indonesia siap ditayangkan melalui platform tersebut, salah satunya film-film jagat raya Bumilangit.