Directors Guild of Korea Umumkan 10 Film Korsel yang Bantu Kesetaraan Gender
Salah satu adegan Kim Ji Young, Born 1982 (Lotte Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - The Directors Guild of Korea atau DGK mengumumkan 10 film Korea Selatan yang masuk ke dalam Bechdel Choice 10. Film yang ada di dalam daftar ini dinilai membantu mempromosikan kesetaraan gender (gender equality) yang ada di dalam industri perfilman.

Pemilihan film ini dimulai dari perilisan film tahun 2019 hingga pertengahan tahun ini. Pengumuman ini disiarkan pada Rabu, 12 Agustus.

Film-film yang terpilih di antaranya adalah Kim Ji-young: Born 1982  (2019), Maggie (2019), Another Child (2019), House of Hummingbird (2019), Our Body (2019), The House of Us (2019), Moonlit Winter (2019), Lucky Chan-sil (2019), Baseball Girl (2019) dan A French Woman (2020).

Selain film, DGK juga memilih individu yang berperan besar dalam kesetaraan gender, yakni sutradara House of Hummingbird, Kim Bo-Ra, penulis naskah Another Child, Lee Boram dan Kim Yoon-seok, aktor Moonlit Winter - Kim Hee-ae, dan CEO ATO rumah produksi House of Us, Kim Ji-hye.

Bechdel Choice berasal dari Bechdel Test yang dijuluki setelah kartunis Amerika Alison Bechdel membuatnya pada 1985 dan menjadi basis bagaimana seorang wanita tampil dalam film.

Untuk melewati Bechdel Test, 2 pemeran utama wanita harus tampil di dalam film dan mereka membicarakan sebuah isu yang tidak terikat dengan karakter pria.

Sejumlah film yang masuk ke dalam Bechdel Choice ini dinilai sesuai dengan Bechdel Test. Sebut saja, Kim Ji-young: Born 1982. Film ini menyajikan bagaimana seorang suami dan istri bisa saling membantu tanpa merasa dominasi satu sama lain. Setiap tahunnya, Bechdel Test dilakukan untuk mengulas berbagai rilisan sepanjang 1 tahun ke belakang.

DGK akan memulai Bechdel Day 2020 mulai dari 1 September hingga 7 September dalam merayakan kesetaraan gender dan mendukung pegiat film di Korea Selatan bisa menyuarakan isu antara pria dan wanita.