Partager:

JAKARTA - Napoli membidik kemenangan demi mempertahankan posisi puncak klasemen Serie A Italia. Hanya, pelatih Antonio Conte mengakui tim masih butuh proses dan perbaikan untuk meraih tiga poin di laga melawan Empoli di Stadion Carlo Castellani – Computer Gross Arena, Minggu, 20 Oktober 2024 malam WIB.

Napoli menunjukkan konsistensi di kompetisi. Setelah mengawali liga dengan kekalahan 3-0 lawan Verona, mereka langsung bangkit. Napoli tak lagi mengalami kekalahan sehingga berhasil menduduki peringkat pertama.

Pada laga terakhir sebelum jeda pertandingan, Napoli sukses membungkam Como 3-1. Ini menjadi kemenangan ketiga secara berturut-turut yang diraih I Partenopei setelah bermain imbang 0-0 melawan Juventus.

Kemenangan itu membawa Napoli bertahan di puncak klasemen dengan poin 16. Napoli pun unggul dua poin dari juara bertahan Inter Milan yang menempati peringkat dua.

Laga melawan Empoli membuka peluang bagi Napoli untuk mempertahankan posisinya di puncak. Namun Conte menyatakan masih banyak yang harus dibenahi dari tim yang ditanganinya. Ini yang menjadikan Napoli tak bisa meremehkan Empoli.

"Kami memang menunjukkan perkembangan yang bagus. Tetapi itu tak bisa jadi penilaian karena baru tiga bulan. Meski demikian, kami tak mengabaikan fase rekonstruksi dari tim ini. Yang jelas, kami baru memulainya," kata Conte seperti dikutip Football Italia.

"Kemenangan itu diciptakan, tidak dengan cara ditemukan. Saya pastikan kami sudah membangun pondasi yang kuat dan mampu bertahan hingga akhir musim," ujarnya.

Hanya laga melawan Empoli tidak bakal mudah. Meski menempati peringkat 10, namun Empoli merupakan tim yang cukup solid. Mereka baru sekali menelan kekalahan dan memiliki pertahanan yang sangat kuat.

Terbukti, Empoli baru empat kali kebobolan dari tujuh pertandingan di liga yang menjadikan tim tersebut paling sedikit kebobolan setelah Juventus.

"Mereka adalah tim yang hanya sekali kalah sebelum jeda pertandingan. Bahkan Lazio yang mengalahkan mereka sempat mengalami kesulitan dan baru bisa mencetak gol di menit terakhir dalam laga di kandang sendiri di Olimpico," ucap Conte.

"Empoli punya senjata penting, yaitu semangat berani berkorban. Itu yang dikatakan pemain Empoli sebagai senjata utama mereka," katanya lagi.

Di laga itu, Conte hanya kehilangan gelandang Stanislav Lobotka yang mengalami cedera saat memperkuat Slovakia. Tanpa Lobotka, lini depan Napoli bertumpu kepada Billy Gilmour yang bahu-membahu dengan Frank Anguissa dan Scott McTominay yang langsung menjadi pilar tim sejak didatangkan dari Manchester United. Bahkan kapten timnas Skotlandia turut berperan dalam setiap gol yang tercipta di tiga pertandingan Napoli.

Striker Romelu Lukaku yang absen memperkuat Belgia di Nations League kembali menjadi starter. Dirinya mendapat support dari Khvicha Kvaratskhelia dan Matteo Politano.

Sementara, Empoli mengandalkan kiper Devis Vasquez yang bakal kembali sibuk mempertahankan gawang. Kiper pinjaman dari AC Milan ini selalu tampil cemerlang dan mencatar rekor melakukan penyelamatan tertinggi di Serie A.

Prakiraan Susunan Pemain

Empoli (3-4-2-1): Vasquez; Goglichidze, Ismajli, Viti; Gyasi, Grassi, Anjorin, Pezzella; Fazzini, Esposito; Colombo

Napoli (4-3-3): Caprile; Di Lorenzo, Rrahmani, Buongiorno, Spinazzola; Anguissa, Gilmour, McTominay; Politano, Lukaku, Kvaratskhelia


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)