Bagikan:

JAKARTA - Citra Nasional Network (CNN) merilis hasil survei elektoral kedua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur dalam Pilkada 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji mengungguli pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi.

"Hasil survei menemukan secara Top of Mind Pasangan Rudy Mas'ud dan Seno Aji unggul dengan persentase elektabilitas sebanyak 50,2 persen. Sementara elektabilitas pasangan petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebesar 30,2 persen dengan swing voters sebanyak 19,6 persen," ujar Koordinator CNN, Robbi Rosiade dalam keterangan pers, Sabtu, 19 Oktober.

Sementara dalam simulasi tertutup menggunakan kuesioner dan kartu suara untuk memilih kedua paslon Kepala Daerah Kalimantan Timur, jika pilkada digelar hari ini juga dilakukan, hasil survei juga menunjukkan tingkat keterpilihan pasangan Rudy Mas'ud dan Seno Aji makin unggul dengan angka 57,2 persen.

"Kemudian pasangan petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi di angka 34,7 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 8,1 persen," sambungnya.

Robbi menekankan, kuatnya elektabilitas pasangan Rudy Mas'ud dan Seno Aji tidak terlepas dari tingkat kesukaan pasangan yang tinggi di angka 75,2 persen, dibanding pasangan petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi yang hanya 58,2 persen.

"Walaupun secara keterkenalan di publik pasangan petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi lebih populer dimana Tingkat Popularitasnya mencapai 81,8 persen dari pasangan Rudy Mas'ud dan Seno Aji yang Tingkat Popularitasnya mencapai 77,2 persen," katanya.

Ia menambahkan, rendahnya elektabilitas Petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi juga punya korelasi yang kuat tingkat kepuasan terhadap kinerja incumbent yang hanya diangka 46,2 persen, tingkat keberhasilan 49,3 persen, dan tingkat menginginkan kembali Isran Noor dan Hadi Mulyadi untuk menjadi Gubernur dan wakil Gubernur Kaltim di periode berikutnya di angka 39,7 persen.

"Rendahnya tingkat elektabilitas Isran Noor-Hadi Mulyadi membuktikan, salah satu kegagalan yang pernah Isran Noor akui adalah masih tingginya angka kemiskinan di Kaltim, yang merupakan antagonistik dengan sumber daya alam yang diberikan kepada provinsi Kaltim," jelasnya.

Robbi melihat tren tingkat elektabilitas Rudy Mas'ud-Seno Aji berpotensi terus meningkat. Asalkan, tim pemenangan pasangan tersebut mampu menyosialisasikan visi dan misi calonnya dengan baik.

“Kini tinggal bagaimana tim pemenangan terus menggencarkan sosialisasi mengenai visi-misi, program kerja, juga ide dan gagasan kandidat agar bisa diterima masyarakat," katanya.

Sisi lain, dalam survei ditemukan ada empat masalah besar menurut warga Kalimantan Timur mendesak untuk diselesaikan. Harga kebutuhan pokok mahal menjadi masalah yang mendesak terbesar atau 37,6 persen.

"Kemudian disusul secara berturut-turut dengan masalah susah mencari lapangan pekerjaan 33,2 persen kondisi jalan rusak 17,1 persen, dan harga pupuk mahal 12,1 persen," katanya.

Survei CNN ini dilakukan pada periode 5-15 Oktober 2024 melalui wawancara tatap muka dengan responden menggunakan instrumen berupa kuesioner dan kartu suara.

Metode survei yang digunakan adalah metodologi survei multistage random sampling.

Jumlah sampel sebanyak 1.450 responden dengan margin of error sekitar +/-2,57 persen setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih.