Bagikan:

JAKARTA - BMW Indonesia umumkan kerja sama strategis dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) memberi dukungan untuk menyukseskan acara kenegaraan dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Perusahaan menyediakan sebanyak 45 unit kendaraan listrik termasuk 25 unit BMW i5 dan 20 unit BMW i7 yang akan mengunjungi pada Minggu, 20 Oktober 2024 di Gedung DPR/MPR RI.

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania, mengatakan hadirnya kendaraan-kendaraan ini membuktikan komitmen merek menyediakan tidak hanya mobilitas mewah, melainkan juga mewujudkan ekosistem berkelanjutan.

“Komitmen untuk terus bekerja sama secara strategis dengan Kementerian Sekretariat Negara ini tegaskan dedikasi BMW untuk mendukung acara-acara penting kenegaraan dengan menghadirkan kendaraan yang tidak hanya mewah, tetapi juga ramah lingkungan,” kata Jodie dalam keterangan yang diterima, Sabtu, 19 Oktober.

Ini merupakan kerja sama kesekian kalinya yang dibangun oleh pabrikan dari Jerman dengan pemerintah Indonesia. Sebelumnya, mereka menyediakan mobil listrik iX untuk KTT ASEAN 2023, KTT ASEAN Plus dan KTT AIS dengan i7, serta KTT World Water Forum dengan i7 dan i5.

Unit yang disediakan untuk acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI baru ialah i5 eDrive40 M Sport serta i7 xDrive Gran Lusso.

VMW i5 eDrive 40 M Sport mengusung eksterior yang modern dan sport dengan pelek 20 inci M aerodynamics wheels 939 M Bicolour Black Grey dan rem M Sport berwarna Dark Blue Metallic menonjolkan karakteristik dinamisnya.

Di dalam kabin, i5 eDrive40 M Sport dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, termasuk BMW Digital Key Plus, layar instrumen digital 12,3 inci, layar sentuh tengah 14,9 inci dengan dukungan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto, serta pengisi daya nirkabel Qi.

Performa i5 didukung oleh motor listrik tunggal di bagian belakang yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 dk dan torsi 430 Nm. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 193 km/jam.

Selain itu, i5 ditenagai oleh baterai 81,2 kWh yang memungkinkan mobil untuk menempuh jarak hingga 582 km berdasarkan nilai WLTP.

Sementara itu, i7 xDrive Gran Lusso memiliki gaya limousine dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima, yang memungkinkan untuk mengisi daya dari 0 ke 80 persen dalam waktu 38 menit dengan DC fast charging 195 kW. Dengan kapasitas baterai 101,7 kWh, i7 xDrive60 Gran Lusso dapat menempuh jarak hingga 625 km.

Selain bebas emisi, BMW i7 xDrive60 Gran Lusso memiliki performa yang mengesankan dengan motor listrik ganda terpasang pada bagian depan dan belakang dengan tenaga hingga 544 dk dan torsi 745 Nm. Sehingga, membuat sedan mewah tersebut berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,7 detik saja.

BMW i5 eDrive40 M Sport dibanderol dengan harga Rp2,177 miliar Off The Road dan telah tersedia di jaringan dealer resmi merek. Sedangkan, i7 xDrive60 Gran Lusso dijual senilai Rp3,247 miliar Off The Road.