JAKARTA - Argentina meraih kemenangan atas Kanada di laga perdana Copa America 2024. Dalam duel Grup A di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Amerika Serikat, Jumat, 21 Juni 2024 pagi WIB, Argentina menang 2-0 lewat gol Julian Alvarez dan Lautaro Martinez.

Argentina yang berstatus juara bertahan mengawali pertarungan di turnamen yang diikuti 10 tim Amerika Selatan, enam tim Amerika Tengah dan Utara serta Karibia dan tuan rumah Amerika Serikat.

Menjadi salah satu tim unggulan, namun Argentina berada di grup yang tak mudah. Tim asuhan Lionel Scaloni harus bersaing dengan Kanada, Peru dan Chile.

Laga pertama melawan Kanada membuktikan Argentina harus bekerja keras untuk meraih kemenangan. Scaloni pun sudah memperkirakan Argentina bakal melakoni laga tak mudah secara penyisihan grup.

"Copa America bakal tak mudah. Kami tahu bagaimana sulitnya menjalani turnamen itu. Ini yang menjadikan kami melakukan persiapan dengan baik," ucap Scaloni.

Di laga tersebut, kapten Argentina Lionel Messi memecahkan rekor penampilan terbanyak di Copa America. Dirinya melakoni laga ke-35 saat diturunkan Scaloni di pertandingan melawan Kanada.

Messi yang kini bermain di kub AS, Inter Miami memecahkan rekor kiper Chile Sergio Livingstone yang diciptakannya saat berlaga pada 1953.

Messi melakukan debut di Copa America 2007. Saat itu, dia masih berusia 20 tahun.

Meski demikian, Messi baru sekali memenangi turnamen sepak bola terbesar di Amerika Latin itu pada 2021. Saat kembali berlaga di edisi 2024, Messi membawa Argentina meraih kemenangan.

Di pertandingan itu, Argentina yang turun dengan kekuatan penuh harus bekerja keras sebelum mengatasi perlawanan Kanada.

Argentina baru bisa mencetak gol di babak kedua. Saat pertandingan baru berjalan tiga menit atau tepatnya menit 47, Messi berupaya membongkar pertahanan Kanada.

Bola dari Messi kemudian diterima Alexis Mac Allister. Dia kemudian menyodorkannya kepada Alvarez. Tanpa kesulitan, pemain depan Manchester City ini membobol gawang yang sudah ditinggalkan kiper Maxime Crepeau.

Messi sesungguhnya mendapat dua peluang yang seharusnya bisa memperbesar keunggulan Agentina. Pada menit 64, eks bintang Barcelona ini sempat mengecoh kiper Crepeau. Namun usahanya berhasil diblok bek Derek Cornelius.

Dirinya kembali mendapat peluang 14 menit kemudian. Namun lagi-lagi, Messi gagal menuntaskan peluang tersebut.

Argentina akhirnya menambah gol setelah striker Lautaro Martinez membobol gawang lawan di menit 88. Dia menyelesaikan assist dari Messi.   

Tidak ada tambahan gol lagi. Argentina pun menutup laga pembukaan Copa America 2024 dengan kemenangan 2-0.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)