JAKARTA - Penyerang tim nasional Belanda Wout Weghorst berharap menjadi starter pada laga melawan Perancis di penyisihan Grup D Euro 2024.

Weghorst ingin keberhasilan menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Polandia menjadi catatan pelatih Ronald Koeman untuk memenuhi harapannya.

Weghorst lebih sering duduk di bangku cadangan. Striker Memphis Depay tetap menjadi pilihan pertama meski kemampuan sebagai goal getter tak lagi meyakinkan.

Meski demikian, Weghorst tetap menjadi pelapis. Sementara, Cody Gakpo dan Donyell Mallen merupakan pemain sayap yang jarang ditempatkan sebagai centre forward.

Hanya saja, Weghorst justru kerap menunjukkan ketajamannya. Pada laga pertama melawan Polandia di Euro 2024, pemain Burnley yang pernah dipinjam Manchester United ini menjadi penentu kemenangan Belanda.

Dirinya masuk menggantikan Depay pada menit 81. Berselang dua menit, Weghorst sudah membobol gawang lawan dan membawa Belanda unggul 2-1.

Weghorts memang menjadi super-sub. Namun, dirinya berharap tak lagi duduk di bangku cadangan. Striker yang dipinjamkan ke Hoffenheim ini ingin dimainkan sejak menit pertama.

Hal itu yang disampaikan Weghorst kepada pelatih sebelum Euro 2024. Koeman menuturkan bila pemainnya mengaku frustrasi karena hanya duduk di bench saja.

Meski ingin menjadi starter, Weghorst tetap menghormati apa pun keputusan pelatih. Dirinya tetap menerima bila Koeman tak memasukkannya sebagai starting eleven pada laga melawan Perancis di Stadion Leipzig, Sabtu, 22 Juni 2024, dini hari WIB.

"Saya tahu apa yang menjadi kekuatan saya. Pelatih pun tahu. Dalam sebuah kesempatan, mereka pernah berkata kepada saya, 'Bila bermain seperti itu terus, Anda tidak akan pernah menjadi starter'. Anda tentu tahu apa yng dimaksudkan," ujar Weghorst.

"Kami mengawali pertandingan dengan baik. Tentu, saya ingin bermain sejak awal dan sebisa mungkin terus bermain. Namun, yang terutama kami ingin juara Eropa," kata dia lagi.

Meski Weghorst berharap menjadi pilihan pertama, namun Koeman menilai dirinya lebih tepat bila diturunkan di babak kedua. Pemain berusia 31 ini memang kurang klinikal atau tak tajam saat berada di kotak penalti.

Saat dipinjam MU selama enam bulan, dirinya bahkan tak pernah mampu mencetak gol.

Ini yang menjadikan Weghorst kadang dimainkan lebih ke dalam dengan menjadi second striker.

Hanya saja, dia memang seperti dinaungi keberuntungan karena kerap mencetak gol di laga-laga penting.

Weghorst mencetak dua gol saat Belanda menghadapi Argentina di perempat final Piala Dunia 2022.

Gol dia menunda kemenangan Argentina karena laga harus diselesaikan lewat adu penalti. Argentina akhirnya lebih beruntung dan menyingkirkan Belanda untuk melaju ke semifinal.

"Dia sesungguhnya pemain depan yang agresif," kata Koeman menanggapi perfoma dan kualitas Weghorst yang memiliki tinggi badan hampir dua meter ini.

"Dia selalu mengambil inisiatif dan sangat andal dalam duel udara. Meski punya satu peluang, dia selalu bisa memanfaatkannya untuk mencetak gol. Tim ini memang memiliki pemain yang berbeda karakter dan cara pemain," ucapnya.

Belanda sendiri bertengger di puncak klasemen setelah meraih kemenangan atas Polandia. Mereka unggul selisih gol dengan Perancis yang hanya menang 1-0 atas Austria.

Usai mengalahkan Polandia, kini Tim Oranje bakal berjibaku melawan Perancis. Big match Piala Eropa itu akan digelar pada Sabtu dini hari WIB.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)