Gelaran PEVS 2024 Dapat Sambutan Baik dari Jokowi
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pameran PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

JAKARTA - Gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 menjadi ajang unjuk gigi bagi sejumlah pelaku industri otomotif dalam memamerkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

“Pameran kendaraan listrik saya lihat sangat bagus sekali dan banyak memang sepeda motor serta banyak mobil, bis, dan truk juga,” kata pria yang akrab disapa Jokowi saat mengunjungi pameran di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 3 Mei.

Ia pun mengatakan, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar perihal kendaraan listrik, khususnya dalam roda dua meski untuk saat ini pasar kendaraan roda dua ramah lingkungan masih kecil sehingga memerlukan waktu.

“Kalau kita lihat misalnya kendaraan bermotor listrik khususnya sepeda motor listrik, kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yg diproduksi disini baru kurang lebih 100.000 unit, artinya peluangnya masih sangat besar,” tambah Jokowi.

Ia juga berharap, ekosistem mengenai elektrifikasi dapat terbangun seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, saat ini telah pabrik yang memproduksi sepeda motor listrik serta kendaraan ramah lingkungan lainnya.

“Nanti bulan depan itu yang namanya pabrik industri baterai sudah mulai diproduksi sehingga kita harapkan ekosistem ini segera terbangun dan terbentuk. Kita senang saat ini sudah sepeda motor listrik yg diproduksi disini sekitar 59 pabrikan. kemudian mobil listrik ada lima, bus juga ada satu, truk juga satu,” jelas Jokowi.

PEVS 2024  dilaksanakan di JIExpo, Kemayoran, menggunakan seluruh Hall A, B, dan C pada area lahan seluas 49.499 m2, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 20.157 m2. Pameran ini diikuti oleh berbagai merek mobil dan motor listrik ternama, serta perusahaan produsen pendukung otomotif listrik ternama dari dalam dan luar negeri.

Sebagai tambahan informasi, harga tiket masuk (HTM) PEVS 2024 sebesar Rp50.000 pada hari kerja maupun akhir pekan. Tiket dapat dibeli secara daring melalui aplikasi PLN Mobile.

Selain daring, pengunjung dapat membeli tiket masuk secara langsung di lokasi PEVS 2024, area pintu masuk pameran. Acara ini menyediakan berbagai fasilitas publik yang esensial dan unik, khas dari ekosistem kendaraan listrik di antaranya, free shuttle bus elektrik dari dan ke titik kumpul di JIExpo.

Foto: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pameran PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta (sumber: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)