JAKARTA - Bepergian dapat mengganggu keseimbangan alami kulit. Karena kulit terpapar lingkungan baru yang dapat berdampak negatif bagi kulit. Perubahan pola tidur, kebiasaan perawatan kulit, dan bahkan variasi pola makan dapat menyebabkan kulit kehilangan keseimbangan biasanya. Belum lagi perbedaan iklim akan semakin berdampak pada kulit Anda, menyebabkan kekeringan dan iritasi atau produksi minyak berlebih tergantung pada wilayah tempat Anda bepergian.

Peningkatan paparan sinar matahari juga merupakan risiko umum penyebab kulit terbakar, hiperpigmentasi, dan warna kulit tidak merata. Perjalanan jauh, jadwal bepergian padat, dan lingkungan asing semuanya berkontribusi terhadap stres perjalanan. Sehingga bermanifestasi sebagai jerawat yang tidak diinginkan dan penuaan dini.

Kekhawatiran utama lainnya saat bepergian yakni memerangi dampak polusi. Destinasi perkotaan seringkali memiliki tingkat polusi lebih tinggi yang dapat merusak sel-sel kulit sehingga pada akhirnya menyebabkan kulit kusam dan kerutan pada kulit.

Dengan memahami potensi tantangan ini, Anda dapat mengambil langkah proaktif melindungi kulit selama perjalanan. Berikut adalah beberapa produk perawatan pribadi yang penting untuk dikemas dalam tas perjalanan guna menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi:

Sabun pencuci muka

Kemas sabun muka lembut untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan riasan. Carilah bahan-bahan alami seperti nimba, arang, lemon, atau lidah buaya untuk melawan polusi dan mencegah timbulnya jerawat, sehingga membuat kulit lembut dan halus. Cuci muka Anda dua kali sehari, bahkan saat melakukan perjalanan singkat. 

Pelembab

Albin Antony, Senior Peneliti di Perusahaan Himalaya Wellness mengatakan, pelembab yang baik diperlukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi selama perjalanan. Minumlah banyak air dan bawalah pelembab dengan kandungan yang melembabkan seperti Aloe Vera, Winter cherry, Almond Oil, Shea Butter, dan Cocoa Butter. Gunakan kembali sepanjang hari, terutama setelah menghabiskan waktu di luar ruangan.

Tabir surya

Perlindungan terhadap sinar matahari sangat penting, ke mana pun Anda bepergian. Kemas tabir surya spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yang menyebabkan kulit terbakar dan penuaan dini. Aplikasikan kembali setiap dua jam, atau sesuai petunjuk label produk.

Lip Balm

Selain iklim luar yang menyebabkan bibir kering, AC di dalam pesawat dan kendaraan lain bisa juga jadi penyebab bibir kering. Penting menjaga bibir tetap terhidrasi. Untuk itu, carilah lip balm dengan warna dan rasa alami serta bahan seperti Vitamin E dan shea butter yang lembut di bibir dan menjaga bibir tetap terhidrasi dan nyaman.

Sheet mask

Sheet mask adalah cara tepat meningkatkan hidrasi kulit dengan cepat. Pilih sheet mask yang mengandung bahan-bahan alami ampuh seperti kunyit, stroberi, mulethi, dan minyak biji anggur untuk menghidrasi dan mengatasi masalah kulit tertentu. Gunakan sheet mask saat melakukan penerbangan jarak jauh atau saat bersantai setelah seharian menjelajah.

Tisu wajah

Tisu wajah dapat menjadi tambahan yang berguna untuk rutinitas perawatan kulit saat bepergian, terutama ketika akses terhadap air terbatas. Pilih tisu lembut non-alkohol dengan bahan yang menghidrasi seperti lidah buaya yang langsung membersihkan dan menyegarkan tanpa mengeringkan kulit.

Serum Wajah

Untuk dorongan ekstra, pilih serum wajah yang punya solusi menyelesaikan masalah spesifik di wajah. Carilah serum yang mengandung bahan-bahan seperti niacinamide, asam glikolat, asam hialuronat, vitamin C, mawar, kunyit, jeruk, atau nimba.

Selain mengemas produk yang tepat, berikut beberapa rahasia tambahan untuk menjaga kesehatan kulit saat bepergian:

  • Prioritaskan hidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari terutama di iklim kering atau saat berpetualang.
  • Cobalah dan pertahankan rutinitas perawatan kulit rutin Anda, tetapi tetap fleksibel dan sesuaikan kebutuhan produk berdasarkan cuaca.
  • Hindari mandi air panas dalam waktu lama yang menghilangkan minyak alami, dan pilihlah mandi air hangat.
  • Terakhir, ingat bahwa relaksasi adalah kuncinya! Prioritaskan tidur yang cukup agar kulit dapat memperbaiki dirinya sendiri dan mengelola tingkat stres yang dapat muncul pada kulit Anda. Dengan mengikuti tips berikut dan membawa produk perawatan kulit yang tepat, kulit Anda akan tetap sehat dan bersinar sepanjang perjalanan.

The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)