Memahami Soal Keamanan Privasi dan Cara Menyembunyikan Nomor di Get Contact

YOGYAKARTA - Kesal karena nomor telepon Anda terus muncul dengan label yang tidak diinginkan di GetContact? Jika Anda ingin menjaga privasi nomor HP agar tidak sembarangan dibagikan, berikut cara menyembunyikan nomor di get contact.

Tenang saja, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna GetContact yang merasa risih dengan hal ini. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk menyembunyikan nomor di GetContact agar identitas lebih terjaga.

Mengenal Get Contact

Para pengembang aplikasi seluler kini menawarkan menawarkan kemampuan untuk melihat reputasi nomor saat menerima panggilan, beberapa menawarkan informasi tentang perusahaan yang nomornya dimiliki, dan beberapa menawarkan untuk memblokir telemarketer yang dikenal.

Aplikasi GetContact baru-baru ini mendapatkan popularitas di antara solusi di atas dengan pendekatan yang menarik. Aplikasi ini mengidentifikasi nomor menggunakan kontak pengguna itu sendiri.

Dilansir dari laman Kaspersky, GetContact memiliki potensi besar untuk sukses. Setelah menginstalnya, Anda akan mengenal hampir semua penelepon dengan nama dan foto; aplikasi mengambil data pribadi dan foto penelepon dari database-nya.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk langsung memasukkan penelepon ke daftar hitam telemarketer yang dengan mudah memblokir panggilan yang tidak diinginkan, dan mencari kontak berdasarkan nama atau nomor.

Apakah GetContact Melindungi Privasi?

Dalam situs web GetContact, berisi perjanjian kerahasiaan yang menyatakan bahwa pengguna memberikan akses kepada aplikasi terhadap semua data pribadi dan perusahaan, termasuk data yang disimpan oleh aplikasi lain dan di media sosial, serta hak untuk membagikan data ini dengan pihak ketiga — dengan kata lain, siapa saja.

Selain itu, GetContact juga akan menyimpan buku telepon dan kontak, foto, alamat email, alamat IP, dan catatan percakapan Anda. Dengan menerima semua persyaratan maka Anda menyerahkan data pribadi Anda kepada aplikasi.

Meskipun demikian, pengembang aplikasi bersikeras bahwa mereka tidak menjual data mereka kepada siapa pun. Meskipun demikian, mereka dapat mengubah komitmen mereka kapan saja.

Perjanjian dengan pengguna memungkinkan mereka untuk mentransfer data ke pihak ketiga mana pun, sebagai contoh berisi klausula yang memaksa pengguna untuk menyetujui menerima email atau pesan massal.

Bahkan yang lebih berbahaya akan adanya kemungkinan terjadinya peretasan dan kebocoran data yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga artikel yang membahas Wajib Dicatat! Inilah 11 Data Pribadi yang tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

Anda harus berhati hati ketika mengunduh aplikasi di ponsel Anda (X)

Cara Menyembunyikan Nomor di Get Contact

Jika Anda merasa terganggu dengan aplikasi ini, para pengembang GetContact memungkinkan pengguna untuk menghapus diri mereka sendiri dari database. Berikut ini tahapannya:

  • Untuk melakukannya, Anda harus menemukan halaman "Unlist" di situs web
  • Kemudian Anda hanya perlu memasukkan nomor Anda
  • Setelah memasukkan nomor, kemudian kirimkan permintaan Anda
  • Dalam waktu 24 jam, aplikasi seharusnya berhenti mencari Anda di buku telepon orang lain.

Namun, opsi ini hanya tersedia bagi mereka yang menghapus aplikasi dari perangkat mereka sendiri. Hal tersebut berarti jika Anda menginstal aplikasi kembali, maka nomor Anda akan terlihat oleh semua orang lagi.

Banyak orang akan melewatkan membaca lantaran, perjanjian pengguna terlihat terlalu panjang dan tidak dapat dibaca. Namun penting bagi Anda untuk jangan malas membaca perjanjian pengguna dan kebijakan privasi saat menginstal suatu aplikasi.

Kemudian saat memberikan akses data ke aplikasi, pikirkan sejenak dua pertanyaan ini “Apakah aplikasi benar-benar membutuhkan akses ke jenis informasi tersebut?” dan “Apa yang akan terjadi jika aplikasi membagikan data tersebut secara publik?”

Selain cara menyembunyikan nomor di get contact, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!