Pemegang Saham Setujui Pelita Samudera Shipping untuk <i>Spin Off</i> Segmen Usaha
Ilustrasi. (Foto: Dok. Pelita Samudera Shipping)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) akan melakukan pemisahan (spin off) segmen usaha pengangkutan kapal kargo curah dari perseroan ke entitas anak. Aksi korporasi tersebu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilakukan pada Rabu 20 Oktober kemarin.

Perseroan akan mendirikan anak usaha baru dengan nama PT Pelita Global Logistik untuk menerima pemisahan segmen usaha. Adapun modal yang disetor dalam anak usaha ini sebesar Rp595,22 miliar atau setara 99 persen dan nilai transaksi pemisahan sebesar 40,88 juta dolar AS.

Direktur Utama Pelita Samudera Shipping Iriawan Ibarat mengatakan, pemisahan ini diharapkan akan memberikan konsentrasi pengembangan usaha yaitu secara khusus, kemudahan bagi entitas anak untuk memperoleh akses pendanaan baik dari perbankan maupun dari para investor strategis.

"Tidak menutup kemungkinan, entitas anak akan menawarkan sahamnya kepada masyarakat melalui Penawaran Umum apabila kajian menyatakan siap," ujar Iriawan dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis 21 Oktober.

Proses pemisahan ini dilakukan dengan memindahkan enam unit kapal kargo curah besar milik perseroan, berikut persediaan dan pinjaman terkait pemisahan ke entitas anak yang akan didirikan, dimana kepemilikan saham perseroan dalam entitas anak tersebut adalah sebesar 99 persen.

Aksi korporasi tersebut telah dikaji dan diproses dengan mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan pemisahahan ini, diharapkan pengembangan dan pengelolaan aset dapat lebih intensif dan lebih optimal, sehingga kedua perusahaan, baik perseroan sebagai induk maupun entitas anak, dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada semua pemangku kepentingan.

Iriawan menambahkan, perseroan saat ini sedang melakukan penjajakan pasar dengan para investor strategis dalam rangka pengembangan segmen usaha pengangkutan kapal kargo curah tersebut.