Bank Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Gandeng Indodana untuk Perluas Akses Keuangan kepada Masyarakat
Kerja sama MNC Bank dengan Indodana. (Foto: Dok. MNC Group)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo menggandeng PT Artha Dana Teknologi (Indodana) untuk memperluas akses keuangan kepada masyarakat.

Hal tersebut ditandai dengan telah dilakukannya Penandatanganan Kerja Sama Penerusan Pemberian Fasilitas Pinjaman (channeling) antara PT Bank MNC Internasional Tbk dengan PT Artha Dana Teknologi (Indodana). BABP diwakili oleh Iwan Hari Artanto selaku Multifinance & BPR Group Head, Bapak Denny Hanubrata selaku Direktur Bisnis dan Indodana diwakili oleh Bapak Ronny Wijaya selaku Presiden Direktur dan Jerry Anson selaku Direktur.

Indodana merupakan platform paylater terkemuka di Indonesia yang telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Fintech Lending sejak 19 Mei 2020. Melalui aplikasi Indodana, pengguna dapat memperoleh limit Paylater hingga Rp25 juta yang dapat digunakan untuk belanja secara online dan juga offline. Indodana mengembangkan bisnis Paylater dengan menggandeng e-commerce dan Payment Gateway terkemuka seperti Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Mitra Bukalapak, Elevenia, iStyle, dan Linkaja.

Selain e-commerce, Indodana juga telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 merchant dan gerai offline lain seperti Hush Puppies, Puma, Polytron, Kalbe, Atria, dan Hartono Elektronik. Di tahun 2021 Indodana juga telah meningkatkan jangkuan layanannya hingga ke ratusan gerai offline di Indonesia.

Menggunakan paylater secara offline sangat mudah dan mirip menggunakan paylater di merchant online. Pengguna bisa datang ke gerai-gerai partner Indodana, pilih barang dan tenor cicilan yang diinginkan melalui aplikasi Indodana, lalu verifikasi pembelian tersebut.

Hingga tahun 2021, Indodana telah memproses transaksi lebih dari Rp 2 trilliun. Di mana, aplikasi Indodana telah di-download lebih dari 5 juta kali dan melayani masyarakat di lebih dari 35 kota di Indonesia.

Denny Hanubrata selaku Direktur Bisnis MNC Bank menyatakan, kerja sama antara PT Bank MNC Internasional Tbk dengan Indodana selaras dengan salah satu fokus bisnis bank, mendorong inklusi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat.

"Banyak cara yang dilakukan MNC Bank untuk mewujudkan hal ini, mulai dari meluncurkan MotionBanking dengan biometric onboarding-nya, sehingga masyarakat yang belum mempunyai akses ke bank dapat langsung membuka rekening hanya dengan KTP lewat ponsel, hingga berbagai kerjasama yang dilakukan dengan perusahaan fintech/P2P lending, termasuk Indodana," kata Denny, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu 15 Oktober.

Ronny Wijaya selaku Presiden Direktur Indodana menyatakan, kerja sama PT Bank MNC Internasional Tbk dan Indodana ini adalah bukti kerja sama nyata antara Bank dan Fintech dalam upaya percepatan inklusi keuangan serta memperluas akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat Indonesia.