MNC Investama Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Berkolaborasi dengan Amazon Web Services-nya Jeff Bezos
Konglomerat Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT MNC Investama Tbk (BHIT) mengumumkan kolaborasinya dengan Amazon Web Services (AWS) sebuah perusahaan milik Amazon.com, Inc. sebagai penyedia cloud perusahaan dalam upayanya untuk mendorong transformasi digital.

Menyusul keberhasilannya di bisnis media sejak tahun 2021, anak usaha BHIT yakni PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) kini akan memanfaatkan penyedia cloud terkemuka global guna mempercepat peluncuran aplikasi perbankan digital karya bank milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo ini yang dinamakan MotionBanking.

"Pindah ke cloud telah membuka jalan bagi BHIT untuk berinovasi dan menghadirkan pengalaman dengan cara baru," ujar Parman Suparman, CTO MotionBanking dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin 27 September.

Parman menuturkan, saat ini permintaan konten video streaming dari 4 Stasiun TV FTA dari MNC Media: RCTI, MNCTV, GTV, iNews memiliki pangsa pemirsa tertinggi, misalnya pada saat perilisan film, konser musik, atau acara olahraga.

Oleh karena itu, sambungnya, pusat data lokal MNC Investama perlu ditingkatkan, untuk menghindari waktu pemuatan video yang lambat atau pengalaman pemutaran yang terputus.

MNC menggunakan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) yang menyediakan kapasitas komputasi cloud yang dapat disesuaikan agar beban kerja dapat diskalakan dan pemirsa mendapatkan tayangan yang stabil.

Guna meminimalisir latensi dan menghadirkan tayangan yang lebih mulus kepada penonton dalam jumlah besar, MNC menggunakan AWS CloudFront, layanan content delivery network (CDN) untuk menyiarkan video secara global dengan kecepatan transfer tinggi, serta layanan pemrosesan dan tayangan video secara langsung untuk menyiapkan dan melindungi kualitas video selama siaran lewat internet

Parman menambahkan, MNC Bank mengembangkan solusi perbankan digital, MotionBanking, dengan AWS untuk melayani kebutuhan pelanggan yang meningkat, khususnya pengelolaan keuangan lewat platform digital.

MotionBanking memiliki berbagai layanan keuangan seperti rekening tabungan, transfer, pembayaran kartu kredit, notifikasi real-time, dan masih banyak lagi.

"Nantinya, MNC Bank akan menggunakan kapabilitas cloud AWS yang komprehensif, termasuk infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region yang segera hadir, untuk menjalankan core banking secara aman di cloud, menskalakan mengikuti permintaan nasabah, dan berinovasi menghadirkan layanan keuangan secara cepat," jelasnya

Sebagai contoh, MNC Bank berencana membangun gudang data cloud memanfaatkan layanan analitik data AWS untuk menganalisis ratusan juta titik data konsumen secara bersamaan.

Seperti empat FTA TV MNC Media yang menguasai 54 persen pangsa pasar, 10 juta pelanggan DTH, televisi berbayar, dan broadband, 286 juta follower media sosial, 100 juta monthly active user (MAU) dari layanan streaming OTT dan super apps, 75 juta pembaca portal online, 2,7 juta pengguna platform e-commerce MNC Group, dan lebih banyak lagi di seluruh unit usahanya.