Gelaran Superbike di Mandalika Dibuka untuk 25.000 Penonton, Menko Airlangga Beberkan Syarat yang Ingin Menonton Langsung
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan gelaran kejuaraan dunia balap motor World Superbike di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTP) dibuka untuk penonton sebanyak 25.000 orang. Namun, untuk dapat menonton gelaran motor balap tersebut ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat akan diterapkan pada gelaran balap motor paling bergengsi nomor dua di dunia tersebut.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa upaya ini dilakukan agar tidak menyebabkan klaster baru penyebaran COVID-19. Terlebih lagi, kegiatannya akan diramaikan dengan turis asing.

"Telah diputuskan jumlah penonton 25.000 dengan syarat dua dosis sudah divaksin lengkap dan penerapan karantina untuk kru dan tim selama lima hari, ini untuk peserta," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin, 11 Oktober.

Selain penonton, pembalap dan kru wajib vaksinasi, kata Airlangga, pemerintah juga akan menggenjot vaksinasi kepada masyarakat di wilayah sekitar. Ditargetkan, sebanyak 50 persen masyarakat Lombok Tengah telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, proses percepatan vaksinasi nantinya akan melibatkan pihak TNI dan Polri guna memberikan sosialisasi.

"Kemudian dengan tempat penyelenggaran Superbike di Lombok Tengah vaksinasi dosis pertama 75,31 persen dan dosis kedua 13,55 persen. Arahan Pak Presiden, TNI dan Polri akan diminta mengakselerasi agar sebelum penyelenggaraan sudah tercapai 50 persen (dosis kedua)," ucapnya.

Bentuk tim satuan tugas

Airlangga mengatakan, pemerintah juga akan membentuk tim satuan tugas (Satgas) yang secara khusus akan ditugaskan di Sirkuit Mandalika. Tujuannya agar mencegah hal yang tak diinginkan selama penyelenggaraan balapan.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa detail penyelenggaran kegiatan itu akan diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Satgas pengawasan untuk di lokasi acara dan penyediaan masker secara gratis oleh TNI dan Polri. Pak Mendagri akan mengeluarkan Inmendagri terkait dengan penyelenggaraan Superbike dan terkait dengan detail teknis," ucapnya.

Seperti diketahui, sejumlah agenda atau kegiatan siap dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kegiatan dimaksud berupa, Idemitsu Asian Talent Cup yang digelar pada 12-14 November 2021.

Pada 19 Oktober hingga 1 November tahun ini akan diselenggarakan FIM MiniGP atau World SuperBike. Sementara, pada 2022, akan dilaksanakan MotoGP yang dijadwalkan pada pada 11-13 Februari 2022 hingga IndonesianGP pada Maret 2022.