Pengelola Omni Hospitals Milik Konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja Resmi Mengakuisisi Mayoritas Saham Kedoya Adyaraya
Konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja. (Foto: Dok. Forbes)

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Omni Hospitals, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) sudah resmi mengakuisisi PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK). SAME, perusahaan milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatamadja ini menjadi pemegang mayoritas saham alias pengendali pengelola RS Grha Kedoya tersebut.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Selasa 14 September, transaksi pembelian saham ini terjadi pada 9 September 2021. Dalam surat yang ditandatangani Presiden Direktur SAME, Jusup Halimi, perusahaan melaporkan bahwa telah mengambil alih 167.340.000 atau 18 persen saham Kedoya Adyaraya.

Akuisisi dilakukan dengan harga pembelian Rp1.720 per saham. Dengan begitu, secara keseluruhan nilai transaksi atas akuisisi tersebut mencapai Rp287,82 miliar.

"Jumlah saham dan persentase kepemilikan saham sebelum transaksi 4.511.000 saham atau 0,49 persen dan setelah transanksi 171.851.000 saham atau 18,49 persen," jelas manajemen SAME.

Lebih lanjut, pembelian saham tersebut dilakukan dengan tujuan investasi jangka panjang. Adapun pekan lalu, manajemen SAME menyebutkan bahwa akuisisi dilakukan guna memperluas kegiatan usaha perseroan di bidang pelayanan kesehatan.

"Rencana akuisisi ini akan memperluas kegiatan usaha SAME dalam bidang pelayanan kesehatan dengan membangun dan mengelola rumah sakit di Indonesia," pungkas manajemen.