Untuk Nasabah BCA, Ini 3 Tips agar Terhindar dari Penipu yang Kerap Gunakan Aplikasi <i>Fake Caller</i>
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan tips kepada para nasabahnya agar terhindar dari penipu yang mengatasnamakan perusahaan perbankan tersebut.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication Bank Central Asia (BCA) Hera F. Haryn mengungkapkan modus penipuan mengatasnamakan Bank BCA makin marak belakangan ini. Biasanya, kata dia, para penipu tersebut menggunakan telepon dari nomor palsu seperti + 6221-1500888, 021-500888, dan sebagainya.

"Para penipu bisa menggunakan aplikasi Fake Caller," ujarnya dalam siaran pers, dikutip Senin 6 September.

Untuk terhindar dari modus tersebut, tiga cara yang dapat dilakukan para nasabah bank milik konglomerat Hartono Bersaudara ini, yakni pertama, jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meskipun terlihat mirip dengan nomor resmi call center. Sebaiknya tidak menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di handphone, sehingga bisa melihat nomor telepon yang masuk apakah benar nomor resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun.

Yang kedua, jika mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal lalu penelepon memberikan informasi adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit atau rekening atau mobile banking milik Anda, tetap tenang dan jangan panik. Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit atau ATM, dan tabungan Anda bisa jebol.

Jadi, segera matikan telepon tersebut. Sekali lagi disampaikan, BCA tidak pernah minta data-data seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV kartu kredit, OTP dan data pribadi lainnya karena #DatamuRahasiamu!

Dan yang ketiga, jika menemukan aktivitas mencurigakan seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi Halo BCA di 1500888; Twitter @HaloBCA; Email: [email protected]; atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.