Heboh Soal Modus Penawaran Jadi Nasabah Prioritas melalui WhatsApp dan Akun Palsu, BCA Sampaikan Syarat Jadi Nasabah Solitaire dan Prioritas
Media Gathering BCA. (Foto: VOI/Mery Handayani)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menekankan bahwa BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui jalur invitation atau undangan dari BCA melalui surat resmi yang dikirimkan langsung kepada nasabah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Seperti diketahui, penipuan yang mengatasnamakan Bank Central Asia (BCA) belakangan ini kerap bermunculan di berbagai platform media sosial, WhatsApp maupun akun palsu. Modus yang dilakukan terkait dengan penawaran program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas.

EVP Individual Customer Business Development BCA Andrianus Wagimin menjelaskan bahwa jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial seperti Instagram, Facebook atau WhatsApp sudah dipastikan bahwa itu merupakan penipuan.

"Karena prinsip dasarnya keanggotaannya berdasarkan invitation. Bukan promosi atau upgrade tersebut," katanya dalam media gathering di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin, 13 Juni.

Modus penipuan melalui penawaran program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas di media sosial, kata Andri, terjadi karena kertarikan nasabah yang tinggi terhadap tawaran tersebut.

"Sekarang marak bagai nasabah yang di luar membership yang memang ingin menjadi (membership) karena mungkin mereka mendapatkan contoh nyata para nasabah membership mendapat manfaat baik dimudahkan bertransaksi, manfaat perbankan, manfaat dari lifestyle yang mereka gunakan sehari-hari," jelasnya.

Contohnya, tawaran rendahnya ketentuan minimal tabungan senilai Rp10 juta yang harus dimiliki nasabah BCA reguler untuk meningkat tabungan menjadi Prioritas maupun Solitaire.

Padahal, kata Andri, proses di internal BCA untuk mengundang nasabah menjadi Solitaire dan Priotas tidak semudah itu. Bahkan, untuk membuat sebuah promo dan sebagainya ada berjenjang dan sangat hati-hati. Artinya, tidak semudah yang ada di iklan media sosial. Tidak semata-mata hanya dana.

"Saat ini ruang pelayanan untuk keanggotaan BCA Prioritas dan Solitaire hanya 180. Kami mempertimbangkan kapasitas dan kira-kira kuat enggak, BCA nampung banyak orang gitu loh. Kalau kami agresif,wah kaya air bah. Nah ini tentu tidak demikian. Ini yang kami coba jaga agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak obral," ucapnya.

Karena itu, Andri yang menjelaskan saat ini BCA hanya akan berfokus pada peningkatan kualitas layanan prioritas bukan kuantitasnya. Terkait maraknya penipuan promosi yang ada, BCA pun giat mengedukasi nasabah Prioritas dan Solitaire untuk bisa berbagai pengalaman kepada nasabah lainnya agar tidak tertipu.

"Selama ini kami juga menggunakan jalur teman-teman cabang untuk menginformasikan hal ini. Moga-moga nasabah dari membership juga mengedukasi, kedua dari cabang juga kami pro aktif menginformasikan moga-moga mereka lebih aware menganai hal ini," katanya.

Jika nasabah menemukan modus penipuan berupa upgrade ke BCA Prioritas dan Solitaire maupun penipuan lainnya, nasabah bisa melapor ke nomor telepon Halo BCA yakni 1500 888 tanpa awalan 021 atau +62 dan sebagainya sementara nomor resmi WhatsApp BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau.

Kemudian, bisa juga melalui akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA pada https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media. Website resmi BCA adalah www.bca.co.id dan Website BCA Solitaire dan Prioritas adalah https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps.

"Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu," tuturnya.