Ketua Industri Manufaktur Apindo Johnny Darmawan Sebut Tidak Ditemukan Lagi Klaster COVID-19 di Pabrik
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Industri Manufaktur Apindo Johnny Darmawan menyampaikan bahwa menjaga protokol kesehatan di industri menjadi salah satu strategi dunia usaha dalam menyesuaikan sikap pemerintah terkait penanganan COVID-19 sebagai penyakit endemik.

"Saat ini kita sudah mulai menyesuaikan dengan menjaga protokol kesehatan di industri, makanya tidak ditemukan lagi klaster COVID-19 di pabrik. Itu salah satu strategi yang kami lakukan untuk penyesuaian diri," kata Johnny Darmawan, dikutip dari Antara, Sabtu 4 September.

Menurut Johnny, adanya format Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian menjadi salah satu kunci agar industri dalam negeri dapat tetap beroperasi dengan menerapkan prokes.

Johnny menilai, IOMKI sangat efektif menekan penyebaran kasus COVID-19 di pabrik-pabrik manufaktur, bahkan berkontribusi dalam penanganan pandemi.

Mantan Presiden Direktur Toyota tersebut menyadari bahwa pandemi COVID-19 terjadi bukan dalam waktu yang pendek, sehingga kalangan pengusaha perlu segera menyesuaikan diri.

Ia menambahkan, implementasi industri 4.0 di Indonesia juga membuat sektor industri mampu mengadopsi teknologi dalam operasional manufakturnya.

Penggunaan teknologi, masih menurut dia, juga dinilai mampu menjadi alternatif untuk menekan penyebaran COVID-19 di berbagai sektor industri di Tanah Air.