IHSG Kamis Berpeluang Menguat, Simak Pilihan Sahamnya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG pada perdagangan hari ini berpeluang untuk membentuk pola kenaikan jangka menengah, setelah kemarin ditutup menguat 0,39 persen ke level 6.113.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, mengatakan IHSG secara teknikal sudah mampu bergerak menguat di posisi 6.100 yang merupakan level konfirmasi untuk kenaikan selanjutnya.

"Bertahannya IHSG di atas level 6.100, secara psikologis berpotensi membuat dorongan positif untuk mengalami uptrend jangka menengah," ucap Lanjar dalam risetnya.

Dia menyebutkan, indikator Stochastic dan RSI memberikan sinyal bullish momentum dan MACD bergerak terkonsolidasi positif.

"Sehingga, kami perkirakan pergerakan IHSG dapat melanjutkan penguatan, dengan support-resistance di level 6.070-6.156," kata Lanjar.

Dengan demikian, jelas Lanjar, pada perdagangan hari ini Reliance Sekuritas merekomendasikan kepada investor untuk mengoleksi saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT HM Samperna Tbk (HMSP), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Sementara itu, menurut analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, pergerakan IHSG yang masih tertahan di fase konsolidasi berpotensi kembali tertekan. Adapun rentang support-resistance yang dimiliki IHSG berada di level 5.872-6.123.

"Pola pergerakan IHSG menunjukkan sedang berusaha menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik, sedangkan fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah juga turut memberikan sentimen," papar William.