Jamin Kesehatan Anda dan Keluarga, Ini 10 Tips Dapatkan Asuransi Kesehatan Terbaik
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Terjadinya musibah pandemi virus corona atau COVID-19 membuka mata masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Sebelum pandemi saja, setiap orang memiliki risiko cukup tinggi untuk terjangkit suatu penyakit secara tiba-tiba dan tanpa pertanda. Jika sudah terkena masalah kesehatan, biaya pengobatan di rumah sakit bukan tidak mungkin akan menjadi sangat masif dan mencederai keuangan.

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mulai sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan terbaik. Melalui produk keuangan tersebut, Anda bisa mendapatkan jaminan perlindungan berupa ganti rugi biaya pengobatan atau rumah sakit saat terjangkit penyakit.

Akan tetapi, memilih asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tidak selalu mudah untuk dilakukan. Perlu banyak pertimbangan di sejumlah aspek berbeda untuk bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik.

Nah, agar tak salah pilih layanan, yuk simak 8 tips menentukan asuransi kesehatan terbaik untuk jamin kesehatan Anda bersama keluarga berikut ini.

1. Pahami Cakupan Perlindungan yang Diberikan

Setiap asuransi kesehatan pasti memiliki cakupan perlindungan yang berbeda-beda, tergantung dari kebijakan penyedia dan premi yang dibayar. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami dengan jelas terkait perlindungan apa saja yang diberikan oleh produk asuransi tersebut. Tentunya, hanya pilih asuransi kesehatan yang mampu memberikan perlindungan kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga.

2. Cari Tahu Daftar Rumah Sakit Rekanan

Seperti layanan BPJS kesehatan, asuransi kesehatan yang baik untuk dipilih adalah yang memiliki jaringan rumah sakit luas dan terjamin kualitasnya. Ketahui pula apakah sistem asuransi yang dipilih bersedia mengganti uang yang sudah dikeluarkan saat pengobatan dilakukan di luar rumah sakit rekanan atau tidak untuk memaksimalkan manfaatnya.

3. Ketahui Rasio Penerimaan Klaim Perusahaan Asuransi

Asuransi kesehatan akan menjadi kurang optimal manfaatnya saat memiliki proses penerimaan klaim yang rendah. Karenanya, Anda perlu mencari tahu rasio penerimaan klaim dari perusahaan asuransi kesehatan yang akan dipilih dan bagaimana prosedur pengajuannya. Jadi, Anda dapat mengetahui potensi penyedia asuransi kesehatan tersebut untuk menyelesaikan proses klaim dengan mudah dan cepat.

4. Pilih Asuransi yang Tak Memiliki Batasan Penyakit atau Sewa Kamar

Sebelum memilih asuransi kesehatan, pastikan untuk memahami polis yang diberikan dengan jelas serta batasan apa saja yang tidak dijamin. Salah satunya adalah memilih asuransi kesehatan yang tak memiliki batasan prosedur pengobatan, jenis penyakit, dan sewa kamar.

5. Pastikan Polis Mampu Penuhi Segala Kebutuhan

Setiap orang pasti membutuhkan perlindungan kesehatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari asuransi kesehatan yang mampu menjamin kebutuhan medis dalam polisnya. Tentunya, hanya pilih asuransi kesehatan yang mampu memberikan pertanggungan dan perlindungan terhadap kebutuhan medis Anda bersama keluarga secara menyeluruh.

6. Pertimbangan Asuransi dengan Perlindungan untuk Seluruh Anggota Keluarga

Untuk perlindungan secara menyeluruh, carilah asuransi kesehatan mampu menanggung 2 atau lebih anggota keluarga dalam sebuah polis. Membayar polis asuransi keluarga secara menyeluruh bisa lebih hemat ketimbang membayar satu per satu.

7. Perhatikan Kebijakan Terkait Pandemi dan Penyakit Tak Terduga

Seperti pandemi virus Corona, tidak ada yang bisa memastikan kapan situasi kritis dan penyakit tak terduga akan muncul. Oleh karena itu, Anda perlu mencari asuransi kesehatan yang memiliki aturan jelas terkait perlindungan kesehatan terhadap pandemi atau penyakit lainnya yang bisa muncul secara tiba-tiba. Jika memang memerlukan biaya tambahan, pastikan nominalnya tertera dan mampu dijangkau oleh keuangan.

8. Cek Rencana Penyakit Kritis yang Tersedia

Penyakit kritis umumnya dikaitkan dengan penambahan biaya pengobatan karena memiliki proses pemulihan relatif lama dan lebih mahal. Karena itu, cek polis asuransi kesehatan terkait rencana terhadap penyakit kritis untuk mampu memberi dukungan keuangan dalam jangka panjang. Ketahui pula jenis penyakit kritis apa saja yang dijamin oleh asuransi kesehatan sebagai bahan pertimbangan untuk memilihnya.

Selayaknya Investasi, Asuransi Kesehatan Adalah Produk Keuangan yang Mampu Memberikan Manfaat Besar di Masa Depan

Menjadi nasabah asuransi kesehatan berarti Anda harus membayar premi secara rutin untuk bisa mendapatkan jaminan perlindungan yang diberikannya. Hal ini tentu menjadi langkah yang lebih bijak untuk diambil karena, selayaknya berinvestasi, beban premi yang selama ini dibayar mampu menjamin biaya kesehatan di masa depan yang nominalnya bisa sangat tidak terduga.