Tips Memilih Asuransi Rumah: Ingat! Rumah Adalah Investasi, Jadi Jangan Sampai Salah Pilih
Tips Memilih Asuransi Rumah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rumah Anda tidak diragukan lagi adalah investasi Anda yang paling berharga. Bagaimana jika terjadi bencana alam atau kebakaran di rumah Anda, dan rumah Anda hancur?! Bencana dapat menyerang tanpa informasi dan itulah mengapa melindungi rumah Anda dengan asuransi rumah sangat penting. Lalu, adakah tips memilih asuransi rumah?

Polis asuransi rumah standar mencakup rumah Anda dan barang-barangnya, dan juga tanggung jawab pihak ketiga. Membeli asuransi rumah tidak diharuskan oleh undang-undang, tetapi melindungi investasi terbesar Anda adalah keharusan mutlak jika terjadi kecelakaan.

Berikut adalah beberapa tips teratas yang dapat sangat berguna saat Anda memilih asuransi rumah.

Tips Memilih Asuransi Rumah

Ilustrasi Asuransi Rumah (Unsplash)
Ilustrasi Asuransi Rumah (Unsplash)

Pilih cakupan Anda

Ada berbagai jenis polis asuransi rumah. Sebagian besar perusahaan hipotek akan meminta Anda memiliki kebijakan biaya penggantian, yang akan membayar untuk memperbaiki atau membangun kembali rumah Anda berdasarkan biaya konstruksi saat ini. Ada juga kebijakan nilai tunai aktual yang membayar untuk memperbaiki atau membangun kembali rumah Anda, dikurangi penyusutan.

Pilih jumlah pertanggungan

Pastikan Anda memiliki cakupan yang cukup untuk mengganti rumah Anda jika hancur. Agen Anda dapat membantu Anda menentukan biaya untuk membangun kembali rumah Anda. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda memiliki cakupan yang cukup untuk properti pribadi Anda. Anda dapat menggunakan daftar periksa inventaris rumah kami atau mencari aplikasi inventaris rumah. Ada beberapa opsi gratis yang tersedia, termasuk salah satunya dari Asosiasi Komisaris Asuransi Nasional.

Lihatlah catatan perusahaan

Cara yang baik untuk menilai layanan pelanggan perusahaan adalah dengan melihat catatan keluhannya.

Dapatkan beberapa penawaran harga

Gunakan HelpInsure TDI untuk mendapatkan harga sampel dan membandingkan kebijakan. 

Setelah Anda mempersempit pencarian, hubungi pilihan teratas Anda untuk mendapatkan penawaran harga.

Pilih yang dapat dikurangkan

Pengurangan adalah jumlah yang harus Anda bayarkan sebelum perusahaan asuransi membayar. Semakin tinggi deductible Anda, semakin rendah premi Anda. Jika polis memiliki pengurangan yang merupakan persentase, pastikan Anda tahu bagaimana itu diterjemahkan menjadi jumlah dolar.

Tanyakan tentang diskon

Sebagian besar perusahaan menawarkan diskon jika Anda mengurangi kemungkinan kerugian. Diskon umum termasuk memiliki sistem alarm, memiliki alarm kebakaran atau sistem sprinkler, memiliki kebijakan lain dengan perusahaan yang sama, dan bebas klaim selama tiga tahun berturut-turut.

Periksa lisensi perusahaan

Setelah Anda memutuskan sebuah perusahaan, periksa untuk memastikan lisensinya mutakhir. 

Hindari celah dalam cakupan

Jangan pernah membatalkan polis sampai Anda mendapatkan polis baru atau pernyataan tertulis yang membuktikan bahwa Anda memiliki pertanggungan. 

Tergantung di mana Anda tinggal dan apa yang Anda asuransikan, Anda mungkin memerlukan lebih banyak perlindungan.

Asuransi banjir. Polis asuransi rumah tidak mencakup kerusakan akibat banjir. Jika properti Anda berada di zona banjir, pemberi pinjaman Anda akan meminta Anda untuk memiliki asuransi banjir. Tapi jangan mengesampingkan asuransi banjir hanya karena tidak diperlukan. Lebih dari 20% klaim banjir terjadi di luar zona banjir.

Asuransi badai dan hujan es. Jika Anda tinggal di pantai Texas atau di Harris County di Galveston Bay, polis asuransi rumah Anda tidak akan menanggung kerusakan akibat badai dan hujan es. Asosiasi Asuransi Badai Angin Texas menjual cakupan badai dan hujan es untuk penduduk pesisir Texas.

Cakupan ekstra. Anda bisa mendapatkan perlindungan ekstra untuk perhiasan, seni rupa, elektronik, atau barang mahal lainnya. Anda juga dapat membeli pertanggungan untuk kerusakan yang disebabkan oleh cadangan selokan atau saluran air, jamur, dan kebocoran dari pipa ledeng, pemanas, atau sistem pendingin udara.

Asuransi. Jika Anda menginginkan lebih banyak pertanggungan daripada polis asuransi rumah, Anda dapat membeli polis payung terpisah. Pastikan agen atau perusahaan menjelaskan pertanggungan karena kebijakan berbeda-beda.

Jadi setelah mengetahui tips memilih asuransi rumah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!