Wajib Dicermati! Inilah 5 Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat
Ilustrasi asuransi jiwa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang berfungsi sebagai jaring pengaman finansial ketika mengalami risiko yang tidak terduga, seperti meninggal dunia, mengalami kecalakaan, cacat permanen, maupun risiko lainnya yang tak disengaja. Karena perannya tersebut, produk asuransi ini penting untuk dimiliki, khususnya mereka yang menjadi tulang punggung keluarga. Lantas, bagaimana cara memilih asuransi jiwa? Berikut tips memilih asuransi jiwa yang tepat.

Tips Memilih Asuransi Jiwa

Telah disinggung di atas, keberadaan asuransi jiwa dapat membantu Anda mengelola risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi yang bisa mengguncang stabilitas keuangan keluarga. Nah, bagi Anda yang ingin memilih produk asuransi jiwa, perhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Menentukan jumlah uang pertanggungan

Uang pertanggungan (UP) adalah premi dalam bentuk santunan yang wajib dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung atau ahli waris bila tertanggung meninggal dunia.

Besar kecilnya UP sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan di masa depan. Pasalnya, uang pertanggungan bukan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, melainkan ahli waris ketika sesuai terjadi pada tertanggung atau pemegang polis.

Ketika menentukan uang pertanggungan dengan agen asuransi, sampaikan informasi jumlah pendapatan, jumlah anggota keluarga yang ditanggung. Selain itu, Anda juga perlu mendiskusikan perkiraan biaya hidup rumah tangga per bulan dalam kurun waktu tertentu.

  1. Menentukan premi sesuai kondisi finansial

Premi adalah jumlah uang yang harus dibayarkan nasabah tertanggung kepada perusahaan asuransi. Premi wajib dibayarkan agar nasabah tertanggung mendapatkan perlindungan asuransi.  

Anda akan semakin mudah mengambil keputusan soal besaran premi ketika disiplin melakukan perencanaan keuangan. Hal ini karena Anda sudah memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan, menabung dana darurat, dan kebutuhan masa depan.

  1. Pilih manfaat yang sesuai dengan kebutuhan keluarga

Di Indonesia, ada berbagai produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat beragam. Umumnya, produk asuransi jiwa bisa ditambahkan dengan asuransi pelengkap. Pilihlah asuransi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan amsa depan serta kesanggupan membayar premi.

  1. Pertimbangkan kemudahan klaim manfaat

Tanyakan pada perusahaan asuransi soal cara mengajukan klaim manfaat, di mana bisa mengakses formulir pengajuan klaim, dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim.

Umumnya, ahli waris perlu menyiapkan sejumlah dokumen untuk mengajukan klaim, seperti dokumen identitas dan surat pengantar dari lembaga formal.

Surat pengantar dapat dari rumah sakit, pengadilan, dan atau kepolisian, formulir pengajuan klaim, form surat kuasa dari ahli waris, serta Surat Keterangan Ahli Waris.

  1. Pilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK

Sebelum memilih produk asuransi jiwa, pastikan perusahaan asuransi pilihan sudah berisin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sangat penting, supaya Anda dapat terhindar dari risiko kecurangan.

Selain itu, pastikan perusahaan asuransi pilihan memiliki service center yang mudah dihubungi dan petugas dapat memberikan informasi dengan cepat ketika asabah mencari tahu informasi polis asuransinya atau ketika mengajukan klaim.

Demikian informasi tentang tips memilih asuransi jiwa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.