Setelah HUT ke-76 RI, IHSG Diprediksi Menguat Jelang RDG Bank Indonesia
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, memperkirakan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini Rabu 18 Agustus setelah perayaan HUT ke-76 RI berada di zona positif. Adapun kisaran support-resistance IHSG berada di level 5.996-6.178.

William mengatakan, pergerakan IHSG akan dipengaruhi sejumlah sentimen terkait kondisi menjelang pengumuman suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-Day Reverse Repo Rate), laporan tentang penjualan kendaraan dan pengumuman neraca perdagangan Juli 2021.

"Rentang pergerakan IHSG pada hari ini terlihat akan diwarnai oleh rilis data perekonomian tentang neraca perdagangan yang diperkirakan masih berada dalam kondisi stabil," ucap William dalam risetnya.

Sebagaimana diketahui, mulai hari ini BI akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan yang berlangsung selama dua hari (18-19 Agustus 2021). Salah satu keputusan rapat itu berupa penerapan kebijakan terkait besaran BI 7-Day Reverse Repo Rate yang saat ini berada di posisi 3,5 persen.

"Pengumuman suku bunga dan laporan penjualan kendaraan roda empat dan roda dua akan memberikan pengaruh terhadap pola pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini IHSG berpotensi untuk bergerak di zona positif," tutur William.

Sehingga, lanjut dia, Indosurya Sekuritas merekomendasikan investor untuk mengakumulasi pembelian saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).