Menteri Teten: Penyerapan Kredit Perbankan UMKM Capai 20 Persen di Mei 2021
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan penyerapan kredit perbankan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai Rp1,024 triliun per Mei. Angka ini setara 20 persen dari pagu anggaran yang disiapkan yaitu Rp5,576 triliun.

Teten mengatakan capaian kredit ini menandakan bahwa penyaluran kredit terlah mendekati kondisi normal sebelum pandemi COVID-19.

"Artinya kalau penyerapan pembiayaan perbankan sudah 20 persen hampir normal seperti sebelum pandemi," tuturnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 5 Agustus.

Teten mengatakan berdasarkan survei riset mandiri yang dilakukan Kemenkop UKM di kuartal II-2021 juga menunjukkan ada perbaikan, di mana 85 persen UMKM menyatakan sudah normal di kuartal ini.

"Dan 22 persen yang sudah berhenti sudah beroperasi kembali. Saya kira dari dua data ini memang menunjukkan pemulihan ekonomi yang cukup signifikan," katanya.

Selain itu, kata Teten, untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga mengalami perbaikan di kuartal II-2021 dan sudah terserap sebesar 58,09 persen dari pagu Rp253 triliun.

"Untuk KUR juga tadi Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto) menyampaikan sudah ada perbaikan, sekarang sudah terserap 58,09 persen dari Rp253 triliun," tuturnya.