Erick Thohir: Kehadiran BNI di London Jadi Jembatan UMKM Tembus Pasar Eropa
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap keberadaan BNI cabang London bisa membuka peluang pengusaha nasional, khususnya pelaku UMKM, untuk mencapai pangsa pasar internasional.

“Keberadaan BNI di London sangatlah penting bagi para pelaku usaha, terutama bagi pelaku UMKM Indonesia yang sedang kita dorong untuk go global,” ujarnya dalam seminar virtual UK SME’s Business Summit 2021, Kamis, 29 Juli.

Menurut Erick, sebagai bagian dari perusahaan negara, BNI dinilai memiliki kemampuan dalam memfasilitasi transaksi keuangan pengusaha lokal dengan para mitra dagang di Eropa.

“Kami ingin BNI London berperan sebagai bank milik indonesia yang bisa menjadi jembatan bagi para pelaku usaha, serta asosiasi diaspora UMKM di kawasan Inggris Raya dan Eropa untuk bermitra dengan pelaku usaha di Indonesia melalui solusi bisnis yang menyeluruh,” tuturnya.

Untuk diketahui, hubungan diplomatik Indonesia dengan Inggris Raya telah terjalin selama puluhan tahun, tepatnya sejak 1949 hingga saat ini. Inggris Raya juga merupakan salah satu mitra penting bagi indonesia, termasuk mitra dagang yang membuka jalur ke kawasan Eropa.

“Eratnya hubungan dan kemitraan tersebut membuka peluang kerja sama di berbagai sektor, termasuk sektor UMKM atau small medium enterprise (SME),” imbuhnya.

Ke depan, Erick berharap akan semakin banyak pengusaha nasional yang mengambil langkah penting dengan berani menembus pasar mancanegara.

“Keberadaan BNI London sangat penting, dan saya yakin ini adalah salah satu langkah terbaik dan konkrit untuk memajukan UMKM Indonesia,” tutup dia.